Kota Batam Jadi Tuan Rumah Pelangi Nusantara 2021
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 16-11-2021 | 12:28 WIB
danlanud1.jpg
Komandan Lanud Hang Nadim (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan event wisata dirgantara atau yang dikenal dengan Pelangi Nusantara 2021.

Komandan Lanud Hang Nadim (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari terhitung tanggal 25 November 2021 ini akan berlangsung di Bukit Gendang, Rempang, Galang.

Dijelaskannya, hingga saat ini sebanyak 150 peserta dari seluruh wilayah di Indonesia telah mendaftar untuk turut mengikuti event rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya ini.

"Kota Batam di pilih karena Bukit Gendang memiliki nuansa yang sangat eksotik. Selain itu di lokasi tersebut juga sangat istimewa karena memiliki angin yang sangat bagus," kata Iwan, Senin (15/11/2021) malam.

Diungkapkannya, selain melaksanakan lomba paralayang, pihaknya juga turut melaksanakan lomba foto dan layangan, para pemenang akan diumumkan pada penutupan acara, 28 November 2021.

Selain itu, dijelaskannya bahwa event tahunan yang telah terselenggara sejak 2014 lalu ini untuk pengembangan wisatawan dirgantara sekaligus untuk pertumbuhan ekonomi di Kota Batam.

"Wisata paralayang ini akan dikembangkan dan menjadi wisata baru untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga akan memberikan efek domino bagi perekenomian Batam," ujarnya.

Untuk persiapannya sendiri, pihaknya juga telah berkordinasi dengan Singapura untuk menutup akses udara di lokasi tersebut. Hal ini dikarenakan Kota Batam berada di bawah Flight Information Region (FIR) Singapura.

"Untuk wilayah udara, kami sudah berkordinasi dengan Singapura untuk memblokade area udara di lokasi kegiatan dengan luas 20 kilometer dan tinggi 2.000 feat," tegasnya.

Editor: Yudha