Cen Sui Lan Terima Audensi Bupati Anambas Terkait Pembangunan Jembatan Tanjung Peninting
Oleh : Asyri
Selasa | 16-11-2021 | 11:40 WIB
CSL-Harris1.jpg
Bupati dan Anggota DPRD Anambas melakukan audiensi dengan Anggota Komisi V DPR RI Cen Sui Lan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bupati dan Anggota DPRD Anambas melakukan audiensi dengan Anggota Komisi V DPR RI Cen Sui Lan terkait pembangunan Jembatan Tanjung Peninting - Konjo senilai 731 miliar di Jakarta, Senin (15/11/2021).

Dalam sambutannya, Cen Sui Lan mengatakan jembatan sepanjang 1 kilometer yang menghubungkan Pulau Siantan dengan Pulau Matak ini masuk dalam APBN melalui program Kementerian PUPR, jembatan Peninting-Konjo tersebut dapat mengakselerasi 75 persen penduduk di di Kabupaten Kepulauan Anambas, jika terkonektivitas. Sehingga bisa memicu pertumbuhan ekonomi dan dapat menyejahterakan masyarakat Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Pembangunan jembatan Peninting-Konjo, selain untuk konektivitas daerah, juga sebagai akselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena akan meningkatkan pergerakan, barang, jasa dan orang. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sebagai akselerasi untuk potensi sektor pariwisata di Kabupaten Anambas," hal tersebut dijelaskan Cen Sui Lan setelah RDPU antara Komisi V DPR RI dengan Pemkab Anambas, Senin (15/11/21).

Dalam RDPU dengan Komisi V DPR RI tersebut, Abdul Harris Bupati Anambas mempresentasikan program-program pembangunan infrastuktur dan transportasi di Kabupaten Anambas, untuk tahun anggaran 2022-2024. Selain mengusulkan pembangunan jembatan Peninting-Konjo, bupati juga mengusulkan program revitalisasi pasar di Tarempa, revitalisasi pasar Inpres Tarempa, pembangunan balai benih ikan, pembangunan jembatan Genting-Penabung.

Sementara itu, Pemkab Anambas mengajukan usulan pembangunan jembatan Air Asuk-Kampung Baru. Pembangunan embung Batu Tabir. Pembangunan SPAM Ulu Baruk. Penambahan ruas jalan nasional, pembangunan Puskesmas Perbatasan, dan program-program ruas jalan nasional di Kabupaten Anambas.

Cen Sui Lan menyatakan, apa yang menjadi Tupoksi dirinya di Komisi V DPR RI, akan menjadi program usulan dengan Kementerian PUPR dan Kemenhub.

"Pak Bupati (Anambas) harus sering komunikasi dengan saya. Apa-apa yang bisa menjadi kewenangan saya, akan saya masukan dalam APBN tahun berikutnya. Benar kata Pak Bupati, saya ini harus menjadi tempat mengadu dari para bupati atau wali kota se-Provinsi Kepri. Ibarat orang tua, saya adalah orang tua dari bapak bapak bupati atau wali kota se-Kepri. Mari kita bersinergi untuk membangun Kepri, Pak Bupati," ucap Cen Sui Lan kepada Abdul Harris Bupati Kepulauan Anambas.

Dalam kesempatan tersebut, Cen Sui Lan juga mengajak kepada para bupati dan wali kota se-Kepri, kalau ada kendala atau hambatan di Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan tentang program-program pembangunan, agar berkoordinasi dengan dirinya.

"Karena untuk memperjuangkan Kepri di pemerintah pusat, saya siap menjadi terdepan bersama bapak bapak bupati dan wali kota di Kepri. Sekarang, pembangunan jembatan Peninting-Konjo di Anambas senilai Rp731 miliar ini masuk program kementerian PUPR," tegas Cen Sui Lan sebagai bentuk komitmennya membangun Kepri.

Editor: Yudha