Wamen ATR/BPN Kagum dengan Destinasi Wisata Kotaku Tanjung Riau
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 04-09-2021 | 11:01 WIB
wamen-tanjungriau1.jpg
Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra saat melakukan kunjungan kerja (kungker) di Kampung Tua Tanjung Riau, Kota Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra saat melakukan kunjungan kerja (kungker) di Kampung Tua Tanjung Riau, Kota Batam, Kamis (2/9/2021) lalu, sempat menyambangi destinasi wisata baru Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Politisi PSI tampak kaget melihat indahnya Jembatan Lingkar sekaligus pelantar penghubung antar rumah-rumah warga. Dirinya menyebutkan Kotaku di Kampung Tua Tanjung Riau salah satu destinasi terbaik di Indonesia.

"Kotaku di Batam merupakan contoh terbaik yang saya lihat dari daerah-daerah lain," ujar Surya.

Seperti diketahui, Kampung Tua Tanjungriau yang berada di Kecamatan Sekupang, kini telah berubah menjadi salah satu destinasi wisata baru. Saat ini juga menjadi pilot project program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementerian PUPR.

Surya mengakui program Kotaku merupakan program yang menarik. Dengan program tersebut, kawasan-kawasan kumuh khususnya perkotaan dapat ditata dengan baik.

"Dan program dari pemerintah ini yang menarik adalah kolaborasi yang leadingnya sektornya adalah PUPR, yang melibatkan banyak kementerian termasuk kementerian ATR/BPN dan Pemerintah daerah," ungkapnya.

"Kita mencoba dorong model kerjasama kolaboratif seperti ini, karena melibatkan berbagai kelompok masyarakat, pemerintah pusat dan daerah," tutupnya.

Editor: Yudha