Peringati HUT ke-70, Koopsau Gelar Apel di Mako Lanud Hang Nadim Batam
Oleh : Paskalis Rianghepat
Selasa | 15-06-2021 | 12:05 WIB
upacara-au1.jpg
Upacara Peringati HUT Ke-70 Tahun Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-70 Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) menggelar apel secara sederhana di Lanud Hang Nadim Batam, Selasa (15/6/2021).

Dalam upacara itu, Kadislog Lanud Hang Nadim Kapten Kal Akhmad Supriyanto yang bertugas sebagai Inspektur Upacara pun menyampaikan beberapa harapan dari Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

"Dalam kesempatan ini, Kasau menyampaikan ucapan selamat dan dirgahayu kepada seluruh personel Koopsau, semoga keluarga besar Koopsau senantiasa dalam limpahan rahmat dan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Kapten Kal Akhmad Supriyanto membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Meskipun diperingati secara sederhana, kata Akhmad, Kasau berharap tidak mengurangi makna dan semangat seluruh jajaran Koopsau untuk terus berkarya dalam pelaksanaan setiap tugas.

Di hari ulang tahun yang ke-70, kata dia, Kasau pun berharap walaupun di peringati secara sederhana, namun tidak mengurangi makna dan semangat jajaran Koopsau untuk terus memberikan darma bakti, sebagai Komando Utama Operasi yang menjadi ujung tombak TNI Angkatan Udara.

Masih kata Akhmad, meski d tengah situasi pandemi Covid-19, Koopsau semakin mempertegas perannya lewat keberhasilan dalam menyelenggarakan berbagai tugas yang diamanahkan, di antaranya melaksanakan upaya mitigasi bencana alam maupun non-alam, penanggulangan kelompok kriminal separatis bersenjata serta dukungan kepada pemerintah dalam mempercepat penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Diakhir amanatnya, Kasau jugw mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada segenap prajurit dan PNS jajaran Koopsau di mana pun berada atas pengabdian dan dedikasi kepada bangsa dan negara.

"Momentum peringatan Hari Jadi ke-70 Koopsau ini, mari kita tingkatkan motivasi dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas selanjutnya. Terus tingkatkan kewaspadaan, dan terus tumbuhkan safety culture di setiap satuan hingga unit kerja terkecil. Iringi setiap tugas dengan prinsip kehormatan dan dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga tugas-tugas yang diamanahkan kepada kita, tidak peduli sesulit apa pun tantangan dan kondisinya, dapat senantiasa terlaksana dengan hasil terbaik serta dalam kondisi selamat dan aman," tutupnya.

Selama kegiatan apel peringatan HUT Koopsau, semua peserta upacara tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurakan pemerintah dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan personel yang hadir tidak lebih dari 50 orang.

Editor: Yudha