Capai Target Vaksinasi 70 Persen, Travel Bubble Batam Bakal Dibuka
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-06-2021 | 12:36 WIB
wawako-amsakar111.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menargetkan 70 persen masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas bisa divaksinasi hingga bulan Juli 2021 mentang.

Saat ini, penduduk Kota Batam yang berusia 18 ke atas sekitar 700 ribu orang, dari jumlah penduduk 1,2 juta orang. Jumlah itu akan ditargetkan 70 persen vaksinasi yang terus dilakukan dari berbagai lebaga, instansi, dan pemerintah kota Batam.

"Pemerintah pusat akan membuka travel bubble dengan syarat 70 persen masyarakat kota Batam harus sudah divaksin," ujar Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, saat meninjau lokasi vaksinasi massal yang dilakukan Polresta Barelang di lapangan Futsal SP Plaza, Kecamatan Sagulung, beberapa waktu lalu.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan untuk membuka perjalanan terbatas (travel bubble) untuk Batam, Bintan, dan Bali pada Juni 2021 mendatang.

Travel bubble adalah ketika dua atau lebih negara yang berhasil mengontrol virus corona sepakat untuk menciptakan sebuah gelembung atau koridor perjalanan. Gelembung ini akan memudahkan penduduk yang tinggal di dalamnya melakukan perjalanan secara bebas, dan menghindari kewajiban karantina mandiri.

"Dunia pariwisata akan hidup kembali tidak stagnan. Alat transportasi akan hidup dari pengemudi taksi hingga ojek. Hotel, restoran dan pusat perbelanjaan akan hidup dan mudah-murahan ekonomi akan pulih," ujarnya.

Amsakar optimis target 70 persen vaksinasi kepada masyarakat bisa tercapai dalam dua bulan kedepan sampai Juli mendatang. Pasalnya antusias masyarakat dalam mengikuti vaksinasi sangat tinggi ditambah dukungan seluruh elemen dari tingkat yang tertinggi Provinsi, Kabupaten kota hingga stakeholder terkait terus mendukung program vaksinasi ini.

"Terget kita akhir bulan Juni, mudah-murahan bisa tercapai 50 persen vaksinasi. Kalau tidak tercapai kita lanjutkan di bulan Juli," tegas Amsakar.

"Jangan ragu untuk melakukan vaksinasi, datang ke Puskesmas terdekat untuk melakukan vaksinasi. Semakin banyak yang divaksin, maka makin tinggi imun tubuh kota Batam ini dan akan tercipta masyarakat yang memiliki imun kesehatan yang kuat," tambah Amsakar.

Editor: Yudha