Menko Airlangga Harapkan KEK NDP Capai Target Investasi Rp 16 Triliun
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 12-06-2021 | 17:20 WIB
KEK-NDP.jpg
Menko bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto saat menyerahkan PP 68/2021 tentang KEK NDP ke pengelola Nongsa Digital Park, Kota Batam, Sabtu (12/6/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyerahkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 68 tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP).

Ditemui di kawasan NDP, Airlangga mengungkapkan, KEK NDP ini memiliki luas 166.45 Ha serta memiliki target investasi sebesar Rp 16 triliun. Tidak hanya itu, KEK NDP juga dapat menyerap sebanyak 16.500 pekerja.

Seperti KEK BAT, pengembangan KEK NDP ini juga bersifat Brown Field Project, berbeda dengan KEK lainnya yang berlokasi di luar KPBPB Batam yang sifatnya Green Field Project.

Disebut Brown Field Project karena sebelum ditetapkan menjadi KEK, kawasan tersebut telah dibangun berbagai akomodasi dan sudah terbangun infrastruktur pendukungnya, seperti Turi Beach Resort, Nongsa Point Marina, Nongsa Terminal Bahari, Nongsa Village, dan Infinite Framerwork Studio.

"Fasilitas Investasi KEK eks KPBPB, seperti KEK NDP ini, berbeda dengan fasilitas investasi di KEK lain di luar KPBPB Batam ini. Fasilitas KEK disini kami sebut fasilitas FTZ plus karena tidak serta merta hilang fasilias FTZnya," kata Airlangga, Sabtu (12/6/2021).

Ia berharap KEK NDP ini dapat menjadi showcase utama perekonomian Indonesia dan membuat Indonesia setara dengan negara maju modern dan sejahtera.

Selain itu, juga dapat segera merealisasikan komitmen pembangunan kawasan dan menghadirkan investasi pelaku usaha sesuai dengan target yang telah ditetapkan bahkan bisa lebih cepat.

"Diharapkan investasi yang dihadirkan adalah investasi yang dapat berkontribusi optimal dalam pengembangan IT digital dan pariwisata di Indonesia, serta pertumbuhan ekonomi wilayah dan nasional serta dapat sukses dan berhasil serta menjadi success story untuk pengembangan KEK digital di Indonesia," tegasnya.

Selain menyerahkan PP 68, sebelumnya Airlangga juga turut menyerahkan PP 67 tentang KEK Batam Aero Technic (BAT). Turut mendampingi dalam seluruh rangkaian kegiatan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Wali Kota ex-officio Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan rombongan lainnya.

Editor: Gokli