Bakamla Gelar Latihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut di Batam
Oleh : Irwan
Rabu | 09-06-2021 | 08:20 WIB
bakamla_batam.jpg
Pembekalan tugas operasi keamanan dan keselamatan laut yang digelar Bakamla (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk memberikan pembekalan dalam melaksanakan tugas operasi keamanan dan keselamatan di laut, personel Badan Keamanan Laut (Bakamla) gelar latihan. Pelatihan yang terdiri dari teori maupun praktek ini akan berlangsung selama 9 hari di mulai Senin (7/6/2021).

Kepala Bidang Operasi Kamla Zona Barat, Kolonel Bakamla Djoko Wahyu Utomo,S.E.,M.H mengatakan pelatihan diikuti oleh puluhan personel mulai dari pengawak kapal, Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Pangkalan Batam, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan Stasiun Bumi (SB) yang berada diwilayah kerja Zona Maritim Barat.

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan dalam melaksanakan tugas operasi keamanan dan keselamatan di laut," ucapnya.

Djoko Wahyu mengatakan, materi latihan operasi keamanan dan keselamatan laut mencakup pengetahuan perambuan di laut, navigasi kapal, manuver kapal, berlayar dalam keadaan cuaca buruk, pencegahan tubrukan di laut, penyelamatan kapal, pemeriksaan kapal dan pengetahuan menembak.

"Saya berharap kepada seluruh peserta agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, perhatikan dengan seksama pembelajaran yang disampaikan oleh narasumber atau instruktur," harapnya.

Selain itu, Djoko Wahyu juga mengingatkan para peserta agar selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan selama mengikuti pelatihan. Dan yang pastinya, semua peserta harus mematuhi protokol kesehatan, sebab saat ini masih dalam pandemi

"Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama sembilan hari, dengan materi dikelas selama lima hari dan empat hari praktek," pungkasnya.

Seperti di ketahui, sebelum pelaksanaan pelatihan, seluruh peserta wajib menjalankan rapid tes swab antigen Covid-19. Hal ini guna memastikan peserta dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19.

Editor: Surya