Jaga Pasokan Air Bersih Selama 25 Tahun, Komitmen ATB Turut Serta Bangun Batam
Oleh : Redaksi
Senin | 07-06-2021 | 18:00 WIB
waduk_atb-batam02.jpg
ATB mengembangkan teknologi SPARTa Smart Solution untuk menunjang performa layanan air bersih di Kota Batam. Teknologi ini membantu ATB selama beroperasi di Batam selama 25 tahun. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengembangan Batam butuh komitmen dan kontribusi dari semua pihak. Baik dari sektor pemerintah, maupun swasta.

Dengan kontribusi masing-masing pihak, maka Batam dapat melaju kencang mencapai tujuannya sebagai tujuan investasi terkemuka di Asia Tenggara.

Dengan memberikan pelayanan air bersih terbaik selama 25 tahun, PT Adhya Tirta Batam (ATB) telah menunjukan komitmennya untuk terus mendukung pengembangan Batam sebagai kawasan investasi strategis dan destinasi wisata nasional.

"ATB berupaya memberikan kontribusi positif melalui kinerja yang optimal selama beroperasi di Batam," jelas Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Senin (7/6/2021).

Pemerintah telah mendesain Batam sebagai salah satu kontributor utama pertumbuhan ekonomi Nasional. Untuk itu, pemerintah tak segan-segan memberikan insentif fiskal yang menggiurkan untuk Batam.

Namun selain itu, pemerintah juga menyadari pentingnya penyediaan utilitas yang memadai untuk mendukung masuknya investasi asing ke Batam. Karena itu, pemerintah menunjuk ATB sebagai punggawa pengelola air bersih sejak tahun 1995 hingga 2020.

Selama kurun waktu itu, ATB terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi Batam. Perusahaan tak segan berinvesatasi untuk mengoptimalkan pelayanan. Mulai dari investasi dalam instalasi pengolahan air, jaringan infrastruktur layanan pelanggan, juga pengembangan teknologi informasi.

Memasuki tahun 2010, perusahaan mulai menerapkan 'Smart Water Management System' dan mengimplementasi revolusi industri 4.0. ATB juga menemukan teknologi 'SPARTa Smart Solution', yang punya andil besar dalam menyelesaikan banyak kendala pengelolaan air bersih di Batam.

Upaya-upaya ini kemudian berdampak kepada kualitas, kuantitas dan kontinyuitas suplai air bersih di Batam. Batam tercatat sebagai kota dengan layanan air bersih terbaik di Indonesia. Predikat ini turut meningkatkan kepercayaan investor kepada Batam, dan secara tak langsung mendukung upaya pemerintah untuk menarik minat investasi ke Batam.

"Kami berupaya memberikan pelayanan air bersih yang profesional bagi Batam selama 25 tahun. Pada akhirnya, upaya Ini memberikan multiplier effect dan nilai ungkit terhadap tumbuhnya investasi di pulau Batam," ujarnya.

Kini, ATB juga berniat melebarkan sayapnya untuk memberikan kontribusi lebih besar lagi untuk Indonesia. ATB ingin menularkan keberhasilan Batam kepada banyak daerah di Indonesia. Harapannya, kualitas layanan air bersih yang profesional dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

"Kami ingin menjadi bagian dari upaya pemerintah memperbaiki layanan air bersih di Indonesia. Sehingga, kualitas layanan air bersih di negara kita bisa meningkat secara berkesinambungan," tuturnya.

Editor: Gokli