Cek Kebugaran Prajurit, Lanud Hang Nadim Gelar Tes Samapta
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 04-06-2021 | 15:04 WIB
A-SAMAPTA-LANUD-BATAM.jpg
Pengecekan kebugaran prajurit di Lanud Hang Nadim Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lanud Hang Nadim Batam melakukan tes kesamaptaan jasmani. Tes ini guna mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran jasmani prajurit Lanud Hang Nadim.

Komandan Lanud Hang Nadim Batam, Letkol Pnb Iwan Setiawan mengatakan, dilakukannya tes kesamaptaan jasmani ini karena kondisi kebugaran fisik yang prima adalah hal yang utama dan diperlukan bagi seorang prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

"Pelaksanaan tes kesamaptaan ini dibagi dalam dua gelombang, dikarenakan personel Lanud Hang Nadim cukup banyak yang melaksanakan tugas pengamanan di bandara maupun tempat-tampat yang menjadi pusat perhatian terhadap terjadinya penyebaran Virus Covid-19," kata Iwan, Jumat (4/6/2021).

Dalam pelaksanaannya, tes kesamaptaan diawali dengan pemeriksaan terhadap tekanan darah oleh Lettu Kes dr Aldo selaku Kakes (Kepala Kesehatan) Lanud Hang Nadim dan dilanjutkan dengan pemanasan atau perenggangan dipimpin oleh salah satu anggota Binjas Lanud.

"Adapun pelaksanaan tes Kesamaptaan ini terdiri dari kesamaptaan A berupa lari selama 12 menit dan samapta B berupa Pull Up, Push Up, Sit Up dan suttle run," ujarnya.

Dirinya juga menekankan agar dalam pelaksanaan tes kesemaptaan harus menyesuaikan dengan kemampuan pribadi masing-masing.

"Selalu mematuhi protokol kesehatan. Safety tetap menjadi prioritas utama. Pelaksanaan tes samapta gelombang I ini diikuti oleh 18 orang personel Perwira, Bintara dan Tamtama," tutupnya.

Editor: Dardani