Diguyur Hujan Deras, Sejumah Ruas Jalan di Batam Banjir
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 02-06-2021 | 12:59 WIB
banjir-batam1.jpg
Ruas jalan dari arah Mukakuning Menuju Batamcenter digenangi banjir, Rabu (2/6/2021). (Paskalis RH/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang melanda Kota Batam, Rabu (3/6/2021) siang, menyebabkan sejumlah ruas jalan dibeberapa wilayah tergenang banjir.

Salah satu ruas jalan yang paling sering digenangi banjir adalah ruas jalan dari arah Mukakuning menuju Batamcenter, tepatnya didepan SPBU Plamo Garden setelah Simpang Kepri Mall.

Pantauan BATAMTODAY.COM, ruas jalan tersebut digenangi banjir akibat mampetnya saluran drainase di kawasan itu.

Menurut Taswin, salah seorang warga yang melintasi jalan tersebut mengaku kondisi seperti ini sudah biasa terjadi. Bahkan, kata dia, saat diguyur hujan genangan air di permukaan jalan mencapai setinggi mata kaki orang dewasa.

"Sudah biasa bang. Ini akibat dari tidak berfungsinya sistem drainase dikawasan ini," kata Taswin saat berbincang saat ditemui di lokasi.

Akibatnya, kata Taswin, para pengendara terpaksa harus memelankan laju kendaraannya karena genangan air menutupi permukaan jalan, sehingga sering menimbulkan kecelakaan.

Selain itu, lanjutnya, permukaan jalan yang ditutupi genangan air membuat kemacetan yang tidak dapat terhindarkan. Sebab, para pengendara mobil dan kendaraan roda dua saling berebutan jalur yang tidak digenangi banjir.

"Saat musim penghujan, sering terjadi kecelakaan. Sebab, permukaan jalan ditutupi genangan air," ujarnya.

Buruknya drainase dari pelebaran jalan, lanjutnya, mengakibatkan saluran air tidak lancar dan menimbulkan air mengalir ke badan jalan sehingga arus lalu lintas menjadi terkendala.

Ia berharap, Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Dinas terkait cepat menanggulangi agar kedepannya tidak terjadi lagi banjir pada saat musim hujan.

Hingga berita ini dipublish, genangan air bercampur lumpur mulai berangsur menurun sehingga arus lalulintas di sepanjang jalan tersebut sudah kembali normal.

Editor: Yudha