Besok, Kapal Pemulangan PMI dari Batam ke Daerah Asal Diumumkan
Oleh : Hadli
Sabtu | 01-05-2021 | 20:04 WIB
budi-konpres-batam-center.jpg
Menhub RI Budi Karya Sumadi saat konfrensi pers di Pelabuhan Internasional Batam Center usai meninjau pemulangan ratusan PMI dari Singapura dan Malaysia, Sabtu (1/5/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan, besok [Minggu (2/5/2021)] bakal mengumumkan kapal bersubsidi bantuan pemerintah untuk memulangkan ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Batam ke daerah asal.

Ratusan PMI di Batam ini merupakan pekerja dari Malaysia dan Singapura yang dipulangkan lewat Pelabuhan Internasional Batam Center, sejak beberapa hari lalu.

"Dalam hal ini juga kita semua sudah sepakat akan menyediakan fasilitas bagi mereka (PMI) yang memiliki kemampuan akan menggunakan pesawat dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan. Dan bagi yang tidak mampu akan disediakan kapal murah (bersubsidi)," kata Menhub Budi Karya Sumadi, didampingi Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Gubernur Kepri, Danrem 033/WP, Wali Kota dan Kapolresta Barelang serta stakeholder lainnya, Sabtu (1/5/2021).

Menhub Budi Karya juga saat meninjau kepulangan PMI dari Singapura dan Malaysia di Pelabuhan Internasional Batam Center mengapresiasi kinerja Satgas Kepri, yang dinilainya cukup bagus dan baik.

"Untuk saudara kita yang ingin menggunakan kapal laut juga akan kita siapkan kapal yang bersubsidi dan untuk jenis kapalnya segera akan kita umumkan pada besok pagi," katanya.

Dalam kepulangan PMI kali ini, sebanyak 148 orang dari Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center pukul 13.40 WIB. Sedangkan untuk PMI yang berasal dari Singapura tiba sekira pukul 12.00 WIB.

Editor: Gokli