Fasilitasi Pemulangan PMI dari Batam, Menhub Bakal Siapkan Kapal Laut
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 01-05-2021 | 17:22 WIB
budi-ansar.jpg
Menhub RI Budi Karya Sumadi saat berbincang dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Pelabuhan Internasioan Batam Center, Sabtu (1/5/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dan Singapura telah tiba di Tanah Air lewat Pelabuhan Internasional Batam Center, Sabtu (1/5/2021).

Pemulangan ratusan PMI ini dimonitor langsung Menhub Budi Karya Sumadi bersama Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Gubernur Ansar Ahamd, Wali Kota/Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu serta stakeholder lainnya.

Menhub Budi Karya mengungkapkan, pemulangan PMI dari berbagai negara melalui Kota Batam ini memang pekerjaan yang berat. Mengingat setiap harinya jumlah PMI yang terdata selalu meningkat.

"Kami bersepakat, untuk PMI yang bisa pulang ke kampung halaman menggunakan pesawat, maka akan dijadwalkan," kata Budi, Sabtu (1/5/2021).

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan memberikan subsidi kepada PMI yang ingin kembali ke kampung halaman, tetapi tidak bisa meninggalkan Kota Batam dikarenakan kekurangan biaya.

"Secara khusus kami menegaskan bahwa akan mengadakan kapal bersubsidi di Kota Batam, besok akan kita umumkan nama kapalnya dan berapa kapasitasnya," tegasnya.

Dalam kepulangan PMI kali ini, sebanyak 148 PMI dari Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center pukul 13.40 WIB. Sedangkan untuk PMI yang berasal dari Singapura tiba sekira pukul 12.00 WIB.

Editor: Gokli