Besok, Vaksin Covid-19 Didistribusikan ke Batam, Bintan dan Tanjungpinang
Oleh : Putra Gema
Selasa | 12-01-2021 | 19:04 WIB
sambut-vaksin.jpg
Gubernur Kepri, Isdianto saat menyambut kedantangan vaksin Covid-19 di Bandara RHF Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri Isdianto memastikan sebanyak 19.680 dosis vaksin Covid-19 merek Sinovac akan disalurkan ke-3 kabupaten/kota.

Isdianto mengatakan, pendistribusian ini akan mulai dilakukan, Rabu (13/1/2021) dan tiga kabupaten/kota yang pertama kali akan mendapati distribusi vaksin tersebut yakni Kota Tanjungpinang, Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Dijelaskannya, vaksin tersebut akan didistribusikan dari Gedung Daerah Tanjungpinang menuju daerah yang dituju menggunakan kendaraan yang memiliki tambahan suhu pendingin.

"Vaksin kita distribusikan besok. Tahap pertama, Bintan, Tanjungpinang dan Batam. Saat ini kita sudah siapkan kendaraan khusus untuk distribusi vaksin ini," kata Isdianto di kawasan Kepri Mall, Selasa (12/1/2021).

Isdianto mengungkapkan, vaksin tersebut sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin edar.

"MUI dan BPOM telah mengeluarkan sertifikat halal dan izin edar. Artinya, vaksin ini menurut pemerintah sangat baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat, terlebih fungsinya untuk mencegah penularan Covid-19," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Isdianto juga menegaskan jika dia akan menuruti aturan pemerintah untuk divaksinasi. Ia memastikan, akan divaksin pada Kamis (14/1/2021) mendatang di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib.

"Setelah, saya baca aturan dan syaratnya, saya siap divaksin. Karena, kemarin masih simpang siur kalau yang pernah positif Covid-19 tidak boleh divaksin. Ternyata boleh. Ya, saya akan divaksin, dan memberikan contoh kepada masyarakat agar mau mengikuti anjuran pemerintah. Pemerintah pasti ingin yang terbaik buat masyarakat," tutupnya.

Editor: Gokli