Cuaca Buruk, Kapolresta Barelang Imbau Masyarakat Tetap Waspada Bencana Alam
Oleh : Hadli
Selasa | 12-01-2021 | 12:04 WIB
pohon-tumbang14.jpg
Anggota Polresta Barelang mengevakuasi pohon tumbang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur mengatakan, selama musim hujan kemungkinan banjir, pohon tumbang dan bencana alam lainnya bisa terjadi. Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

"Saya berharap agar masyarakat senatiasa waspada terhadap potensi timbulnya banjir bandang atau banjir genangan dan bencana alam lainnya, untuk itu diharapkan tetap waspada," himbau Kapolresta.

Yos Guntur menambahkan, pada Minggu (10/1/2021) terjadi pohon tumbang di dua titik di Batam serta banjir akibat curah hujan yang tinggi dan air laut pasang.

Pohon tumbang yang terjadi berhasil di evakuasi Polresta Barelang dari bahu jalan, seperti di Jalan Hang Kasturi tepatnya depan SDN 008 Kp. Jabi Kelurahan Batu Besar dan depan Khazanah Sukajadi, Baloi Permai Batam Kota.

Personil melakukan menyingkirkan pohon yang tumbang dengan memotong batang kayu menjadi pilihan bagian menggunakan mesin senso. Saat itu, hujan masih mengguyur Batam dan sekitarnya.

Selain pohon tumbang, juga terjadi banjir di beberapa tempat, selain rumah yang tergenang juga menyebabkan intensitas jalan terganggu. Seperti di depan Perum Bida Asri terdapat genangan air setinggi lutut orang dewasa dan arus lalu lintas diberlakukan Pengalihan arus menuju simpang Cikitsu yang dievakuasi oleh Satlantas Polresta Barelang.

Perum Green City Nongsa terendam banjir dan warga sudah dievakuasi oleh Polsek Nongsa dan saat ini air sudah surut. Depan Perum Soutlink Sekupang terdapat genangan air luapan danau dan sudah dilakukan Gatur Lantas dan BP Batam sudah menurunkan Alat berat guna penanganan banjir. Kantor Camat Nongsa, Perumahan Green Nongsa City dan Devely Recidence Kelurahan Sambau.

"Kami Polri turut prihatin dengan adanya bencana banjir yang menimpa rumah warga, Polresta Barelang sudah berkoordinasi dengan Instansi terkait untuk menurunkan alat berat guna membantu perbaikan drainase," ujarnya.

Polresta Barelang, kata Yos siap sedia membantu terkait keperluan yang dibutuhkan saat dan pasca bencana banjir yang dialami oleh warga.

Editor: Yudha