Musim Hujan, Pengendara di Batam Sebaiknya Waspada Jalan Licin
Oleh : Roni Ginting
Senin | 11-01-2021 | 09:24 WIB
mobil-hujan11.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengendara di Batam sebaiknya berhati-hati dalam berkendara di musim hujan saat ini karena jalanan basah dan licin.

Kota Batam dilanda hujan selama 3 hari sejak Sabtu (9/1/2021) hingga Senin (11/1/2021). Kewaspadaan sangat penting untuk menghindari kecelakaan.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar mengatakan pengemudi harus membatasi laju mobilnya saat hujan, kencang dalam situasi ini disebut sangat membahayakan.

Menurut Rifat batas kecepatan minimum yang aman ketika berkendara musim hujan dan jalan licin, yakni 30 km per jam, serta maksimalnya 60 km per jam. Pengemudi diasumsikan dapat melaju aman serta mengontrol kemudi meski ada risiko pada jalan licin pada kecepatan itu

"Kecepatan maksimum kalau hujan deras itu paling aman di 50 sampai 60 km per jam. Kondisinya di jalan tol dengan visibilitas yang buruk akibat hujan deras ya," ujar Rifat mengutip situs resmi Mitsubishi, Senin (11/1/2021).

Rifat juga bilang pengemudi perlu memperhatikan jarak aman pengereman. Kata dia ada perbedaan jarak pengereman ketika hujan dan tidak.

"Untuk jarak aman saat kondisi jalan licin akibat hujan, harus sekitar empat sampai detik. Kalau pas jalanan kering itu kan sekitar tiga detik ya. Tapi ini tidak bisa dihitung dengan ukuran berapa meter, karena tergantung pada kecepatan mobil itu sendiri. Maka itu, agar tetap aman saat hujan sebaiknya diberi jarak yang lebih jauh," ucapnya.

Selain itu, pengendara khususnya roda empat hingga angkutan berat seperti Dam Truk juga diharapkan melakukan pemeriksaan terhadap kendarannya. Jangan sampai setelah terjadi kecelakaan rem blong menjadi senjata utama menghindari kesalahan dalam berkendara.

Editor: Yudha