29 Kru Pesawat Jalani Tes Narkoba di Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 31-12-2020 | 12:36 WIB
kru-pesawat1.jpg
Pramugari dan kru pesawat usai menjalani tes narkoba oleh Polda Kepri. (Istiemewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para Kru, Co-Pilot serta pilot yang berada di Bandara Hang Nadim Batam mendapat tes deteksi narkoba oleh Polda Kepri, Kamis (31/12/2020) pagi sekitar pukul 09.00 Wib.

Pemeriksaan yang dilakukan langsung dari atas pesawat dipimpin langsung oleh Ditresnarkoba Polda Kepri Kombes Pol Mudji Supriadi. Selain itu terlihat juga Karoops Polda Kepri Kombes Pol Yerry Oskag, Kabidokes Polda Kepri Kombes pol Muhammad Haris dan Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur.

Pemeriksaan dilakukan oleh Ditresnarkoba dan Biddokes Polda Kepri yang didampingi pihak BUBU Bandara Hang Nadim Batam.

"Ada 29 kru pesawat yang di tes dari berbagai pesawat," kata Direktur Ditresnarkoba Polda Kepri, Kombes Pol Mudji Supriadi.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, pengecekan narkoba kepada kru pesawat di Bandara Hang Nadim adalah bentuk dari operasi lilin Seligi 2020.

"Para kru pesawat dites menggunakan Drugs Of Abuse Multipanel Test dimana sampel air liur para kru diambil dan di test menggunakan alat tersebut. Metode tes tersebut merupakan tes cepat untuk narkoba," tuturnya.

Selain itu Harry menambahkan pemeriksaan narkoba terhadap kru pesawat itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

"Alat ini pemberian dari Bareskrim Polri. Tingkat akurasinya cukup tinggi. Dan alhamdulillah hasil tes liur para kru pesawat semuanya negatif," ujar Harry.

Editor: Yudha