Pjs Gubernur Kepri Ajak Wartawan Jadi Pahlawan Corona
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 07-11-2020 | 14:36 WIB
A-PJS-GUB-KEPRI-BAHTIAR.jpg
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin membagikan masker bantuan Pemerintah Singapura kepada Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin terus tancap gas memerangi penyerbaran Covid-19 di seluruh wilayah Provinsi Kepri. Karena itu, hampir tiada hari yang dilaluinya tanpa mengkampanyekan perlawanan terhadap corona.

Termasuk, mengajak para Pemimpin Redaksi (Pemred) media mainstream di Provinsi Kepri, baik cetak, siber maupaun televisi, untuk bersama-sama pemerintah menjadi pahlawan memerangi penyebaran Covid-19.

"Kalau dulu kita berperang melawan penjajah, hari ini perjuangan kita adalah melawan virus yang tidak nampak, Corona," ujarnya saat bersilaturrahmi dengan para Pemred berbagai media di Golden Prawn Bengkong Batam, Jum'at (6/11/2020).

Selain itu, Bahtiar juga mengajak seluruh warga Kepri untuk menjadi pahlawan terdepan dalam pergerakan melawan covid 19 ini.

"Saya akan buat pergerakan kecil, tapi harus diikuti semua masyarakat Kepri, biar menjadi besar dan semua kita menjadi agen-agen, tentara-tentara dalam peperangan melawan covid 19," ujarnya.

Mantan Kapuspen Mendagri ini menambahkan, pada tanggal 10 November 2020, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, seluruh warga Kepri yang berkemampuan, diminta untuk membagikan masker.

"Nggak usah pikir banyak-banyak, nggak usah pikir mahal, mampu 10 bagikan 10, mampu 100 bagikan 100, kalau mampunya cuma 1 ya bagikan 1, nggak usah pikir malu, yang penting kita berbuat demi menolong orang lain dan memerangi covid 19 ini," ujar Pjs Gubernur Kepri Baktiar

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar menjelaskan, langkah melawan pandemi covid 19 hanya 3 cara, tidak repot dan tidak susah.

"Ini harus kita jadikan budaya atau kebiasaan baru. Pakai masker, jadikan itu kebiasaan baru kita, seperti dulu kita tak pernah bawa hape, karena memang belum ada hape, sekarang kemana-mana kita bawa hape, sudah menjadi kebiasaan bahkan kebutuhan hape saat ini, begitu juga dengan masker, saat ini harus kita jadikan kebutuhan utama saat berada di luar rumah," paparnya.

Selain itu, cuci tangan atau lengkapi diri dengan hand sanitizer. Ini penting, kita selalu lupa kita nyentuh apa barusan, tiba-tiba langsung makan, ini bahaya, jadi kita harus biasakan bawa hand sanitizer atau sesering mungkin cuci tangan.

Nah yang terakhir, ungkap Bahtiar, menjaga jarak, karena virus corona bisa melayang berpindah ke inang baru dalam jarak kurang dari 1 meter.

"Virus ini tak nampak, tapi memang cukup dahsyat, bahkan bisa merubah ketentuan-ketentuan penting bahkan yang sakral. Kalau dulu setiap mau sholat berjamaah, Imam selalu katakan: Rapatkan shof dan luruskan, sekarang karena virus ini, kita harus sholat berjamaah dengan jarak, apa mau kita begini terus, makanya ayo kita lawan covid 19 ini," paparnya.

Editor: Saibansah Dardani