Lapas Batam Masuk Nominasi WBK Kemenkumham RI
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 07-11-2020 | 14:20 WIB
A-KALAPAS-BATAM_jpg2.jpg
Kepala Lapas Batam Misbahuddin. (Foto: Iwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Barelang Batam masuk nominasi Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang dicanangkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Nominasi itu didapat setelah Lapas Batam mengikuti evaluasi tim penilaian nasional Kemenkumham yang dilaksanakan secara virtual akibat pendemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

"Dari 520 lembaga pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh Indonesia, 467 Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang masuk nominasi, termaksud Lapas Batam," ujar Kepala Lapas Batam Misbahuddin, Sabtu (7/11/2020).

Disinggung apa saja penilaian yang dilakukan agar dapat masuk nominasi WBK, kata Misbahuddin, mulai dari manajemen perubahan dilingkungan UPT, tata laksana, tentang pengawasan, manajemen SDM, akuntabilitas, pelayanan publik dan inovasi-inivasi yang Lapas berikan dalam pelayanan tersebut.

"Kemudahan-kemudahan pelayanan prima ini yang selalu diberikan Lapas Batam kepada WBP maupun masyarakat," ujarnya.

Ia mencontohkan pelayanan prima yang dihadirkan Lapas Batam baru-baru ini adalah layanan Drive Thru penitipan barang warga binaan. Layanan Drive Thru itu diluncurkan pada akhir September ini merupakan pelayanan prima yang diberikan Lapas kepada keluarga warga binaan yang akan melakukan kunjungan.

"Layanan ini dibuat guna memberikan pelayan yang terbaik kepada seluruh masyarakat pengguna layanan di Lapas Batam, terlebih saat ini pendemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk menjaga jarak," tegasnya.

Tidak hanya layanan tersebut, masyarakat juga bisa mengakses atau mendapatkan informasi tentang Lapas Batam dengan cara mengunduh aplikasi Lapas Batam di Play Store. "Semua informasi Lapas Batam ada di aplikasi. Jadi masyarakat tanpa datang ke Lapas Barelang bisa mengetahui seputar kegiatan WBP di Lapas," pungkasnya.

Editor: Dardani