Resmi Go-Live Penerapan Aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 05-11-2020 | 16:15 WIB
inaportnet-pelabuhan.jpg
Peluncuran Aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Batam di Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam, Kamis (5/11/2020) pukul 10.00 WIB. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam resmi menerapkan sistem Aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Batam.

Penerapan itu resmi diberlakukan di Batam dengan dibarengi penandatangan Pakta Integritas di Swiss-Belhotel Harbour Bay Batam, Kamis (5/11/2020) pukul 10.00 WIB.

Dalam acara yang menerapkan standar protokol kesehatan itu dihadiri Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut, Antoni Arif Priadi; Direktur BUP BP Batam, Nelson Idris; Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas (Menko Marves) Sahat Manaor Pangabean dan seluruh tamu undang dari pelaku usaha baik itu Agen Pelayaran, PBM, maupun JPT.

"Dengan ditetapkannya Go-Live Aplikasi Inaprtnet di Pelabuhan Batam dapat mengurangi tatap muka secara langsung dengan pengguna jasa dalam pelayanan," ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut, Antoni Arif Priadi.

Ia mengatakan, Aplikasi Inaportnet dapat menjadi metode yang baik dalam mewujudkan pelayanan prima. Selain mengurangi tatap muka, tentu sistem informasi bisnis pelayaran itu menjadi transparan, mudah, cermat, akurat dan diharapkan dapat mempermudah pengusaha.

"Ditetapkannya sistem ini juga dapat menghindari pungutan-pungutan liar Dilingkungan KSOP," tegasnya.

Ia berharap sistem ini dapat berjalan diwilayah strategis di Kota Batam dan dapat didukung pemerintah setempat serta dapat dilakukan secara maksimal oleh KSOP Batam. "Apa yang ditargetkan pusat betul-betul dapat terjujur. Dan sama-sama kita jadikan Batam menjadi lumbung bisnis perkapalan yang mendunia," pungkasnya.

Sistem Aplikasi Inaportnet merupakan sistem layanan tunggal berbasis internet untuk menjamin pelayanan transportasi kapal dan barang. Inaportnet mengintergrasikan sistem informasi kepelabuhanan dalam melayani kapal dan barang baik untuk kegiatan kapal ekspor impor maupun domestik.

Editor: Gokli