Waduk Tembesi dan Mukakuning Sudah Terkoneksi

Ketersediaan Air Baku di Batam Sudah Aman hingga 5 Tahun ke Depan
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 27-10-2020 | 19:52 WIB
tembesi-mukakuning.jpg
Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto bersama sejumlah pejabat lainnya saat meresmikan Pompa Air Waduk Tembesi, Selasa (27/10/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purwiyanto mengatakan ketersediaan air bersih di Kota Batam hingga 5 tahun ke depan akan terpenuhi.

Hal itu dikatakan saat meresmikan Pompa Air Baku yang ada di Waduk Tembesi, Selasa (27/10/2020) siang.

"Setelah selesai pembangunan dan pipa air baku dari Waduk Tembesi ke Mukakuning mulai beroperasi, maka persoalan defisit air baku di Kota Batam akan terpenuhi," kata Purwiyanto.

Purwiyanto menjelaskan, dengan dioperasikannya pipa sepanjang 3,6 Kilometer, BP Batam dapat mengalirkan air baku dari Waduk Tembesi ke Mukakuning dengan kapasitas 600 liter per detik.

"Pembangunan ini menelan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar. Interkoneksi ini memiliki daya alir dengan kapasitas 600 liter per detik, namun demikian kemampuannya bisa mencapai 720 liter per detik," ujarnya.

Setelah dioperasikan, lanjutnya, kebutuhan akan air bersih bagi warga Kota Batam sudah aman hingga 5 tahun ke depan. Namun demikian, sebutnya, BP Batam akan menambah lagi pipa untuk mengalirkan air dari Waduk Tembesi, karena kebutuhan akan air di Kota Batam semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

"Tahun 2024 mendatang, BP Batam memprioritaskan pembangunan semacam ini untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat Kota Batam," jelasnya.

Di masa mendatang, lanjutnya, BP Batam akan melakukan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) di Mukakuning dengan kapasitas 350 liter per detik. Ia pun berharap agar kapasitas air bersih akan terus bertambah dan pelayanan akan lebih baik lagi ke depannya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa sama-sama melakukan penghematan air sehingga ketersediaan air bersih yang ada saat ini dapat dinikmati seluruh warga Kota Batam.

"Semoga dengan pengoperasian ini, warga Batam dapat menikmati ketersediaan air bersih serta pelayanan semakin baik lagi," pungkasnya.

Editor: Gokli