Kesbangpol Silaturahmi dengan Pengurus FKDM Kota dan Kecamatan se-Kota Batam
Oleh : Hadli
Rabu | 21-10-2020 | 15:20 WIB
A-KESBANGPOL-BATAM.jpg
Pertemuan Kesbangpol dengan Pengurus FKDM Kota dan Kecamatan se-Kota Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam menggeler pertemuan dengan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota dan Kecamatan se-Kota Batam.

Pertemuan yang diawali dengan siraturahmi antara Kesbangpol dengan FKDM Kota dan Kecamatan se-Kota Batam berlangsung 2 jam di Ruang Rapat Hang Nadim, Lantai IV Kantor Walikota Batam, Rabu (21/10/2020) pukul 09.00 Wib.

Kepala Kesbangpol Kota Batam Riama Manurung mengatakan, FKDM merupakan organisasi yang dibentuk berdasarkan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negri RI Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 2 Tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah.

"Silaturrahmi dengan Pengurus FKDM Kota dan Kecamatan se Kota Batam pada pagi ini dalam persiapan pelantikan dan Raker, direncanakan pelantikan akan berlangsung 28 Oktober 2020," kata Riama.

Riama melanjutkan, sebagai mitra pemerintah dan instansi penegak hukum, diharapkan pengurus FKDM Kota dan Kecamatan se-Kota Batam berkontribusi secara positif. Hal ini, tambahnya untuk terwujudnya ketertiban, ketentraman dan perlindungan masyarakat.

"Untuk itu, pelantikan akan dilakukan untuk mengambil momentum Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020. Kami harapkan bapak ibu dapat berkontribusi dalam melakukan pencegahan dini sebagai mitra pemerintah," tuturnya.

Ketua FKDM Kota Batam, Alwan menuturkan, tugas FKDM Kota dan Kecamatan yakni, menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan informasi serta data dari masyarakat mengenai potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di daerah yang dapat mengancam stabilitas nasional.

Untuk dapat diketahui, silaturahmi yang berlangsung sekitar 2 jam di ruang rapat Hang Nadim, Lantai IV Kantor Walikota Batam mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan mencuci tangan dengan hansanitizer serta menjaga jarak duduk peserta.

Editor: Dardani