Ribuan Masyarakat Adonara Hadiri Pengukuhan Pengurus IKA Batam Periode 2020-2025
Oleh : Pascal
Minggu | 11-10-2020 | 14:32 WIB
Adonara_batam.jpg
Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam Periode 2020-2025 (foto: Pascal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Antusiasme ribuan masyarakat Adonara yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam, Provinsi Kepulauan Riau, tumpah ruah memenuhi Ocarina, Batam Center, Sabtu (10/10/2020) malam.

Ribuan masyarakat Adonara yang tumpah ruah di Ocarina, Batam Center adalah dalam rangka mengikuti pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam Periode 2020-2025.

Hadir pada acara pengukuhan tersebut, Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto, anggota DPD RI Haripinto Tanuwidjaya, mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah dan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam serta beberapa pejabat teras di Provinsi Kepri dan Kota Batam.

Dalam Sambutannya, Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli mengatakan bahwa kehadiran IKA Batam dapat menjadi wadah untuk pembangunan dimasa yang akan datang dan tetap memegang teguh adat serta persaudaraan.

"Kiranya IKA Batam dapat memberi kontribusi pembangunan daerah baik di Batam, kampung halaman yakni Adonara maupun pembangunan di Kabupaten Flores Timur serta Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada umumnya," kata Agustinus.

Dengan dikukuhkakannya kepengurusan IKA, Wabup Flores Timur berharap agar terjalin soliditas dan sinergitas dengan seluruh masyarakat, baik masyarakat Batam dengan masyarakat Adonara serta Pemerintah dalam menguatkan nilai-nilai adat serta bahu membahu mensukseskan pembangunan di Kota Batam.

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Adonara agar turut menjaga keamanan di Kota Batam sehingga dapat mempercepat perbaikan ekonomi di Kota Batam selama Adaptasi Kebiasaan Baru ini," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengucapkan selamat sekaligus mengajak seluruh pengurus IKA Batam untuk bersama-sama membangun kota Batam agar menjadi lebih baik lagi.

"Semoga pengurus yang baru dikukuhkan dapat bersifat arif dan bijaksana serta meningkatkan kemampuan dan jati diri serta dapat mengakomodir seluruh masyarakar Adonara di Kota Batam demi keberlangsungan pembangunan di masa yang akan datang," kata Cak Nur, sapaan akrab Ketua DPRD Batam, Nuryanto.

Dalam kesempatan itu, Cak Nur juga mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19 dengan menerapkan 3 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Ditempat yang sama, Ketua Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam, Aldi Karim mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Adonara yang telah memberi kepercayaan kepadanya untuk menakodahi IKA masa Bakti 2020-2025.

"Saya sangat berterimakasih kepada seluruh masyarakat Adonara di Batam yang telah mempercayai kami sebagai pengurus IKA yang baru. Semoga kedepannya IKA lebih baik lagi," kata Aldi.

Robert Wollo, salah satu warga Adonara yang berdomisili di Daerah Tembesi mengatakan bahwa, ia bersama keluarganya sengaja datang ke acara ini adalah untuk mengikuti Acara Pengukuhan Pengurus IKA yang Baru.

"Saya dan Keluarga sengaja datang ke acara ini karena IKA merupakan salah satu Wadah Atau Komunitas Untuk Mempersatukan Seluruh Warga Adonara yang merantau di Provinsi Kepulauan Riau, Khususnya Kota Batam," kata Robert.

Dengan adanya Kegiatan ini, Lanjut Robert, Kekompakan serta kekeluargaan yang sudah lama terjalin antara seluruh warga Adonara di Kota Batam tetap bersatu untuk memajukan pembangunan di Kota Batam.

"Dengan di lantiknya Pengurus IKA dapat memperkuat tali silaturahmi dan kekompakan antara sesama Warga Adonara yang merantau di Kota Batam,"ujar Robert.

Untuk diketahui, Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Batam merupakan salah satu wadah atau komunitas kekeluargaan yang di bentuk oleh seluruh masyarakat Adonara yang merantau di Kota Batam.

Selain dihadiri para pejabat daerah, acara pengukuhan ini dijuga diramaikan dengan berbagai pentas budaya dari seluruh paguyuban dari masyarakat Flores Timur.

Editor: Surya