Kunjungan Wisman di Kepri Anjlok Akibat Pandemi Covid-19
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 09-10-2020 | 09:40 WIB
kadispar11.jpg
(Plh) Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Yerri Suparna. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepulauan Riau tertinggi kedua kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) se-Indonesia. Dengan angka kunjungan Wisman yang besar, Kepulauan Riau ini pun mendapat keuntungan besar melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Akan tetapi, semenjak pintu keberangkatan pada beberapa negara yang berbatasan langsung dengan Kepulauan Riau menutup pintu keberangkatan dikarenakan pandemi Covid-19, kunjungan Wisman di Kepulauan Riau turun drastis.

"Anjlok. Selama enam bulan pandemi Covid-19 berlangsung, hanqya 405.752 kunjungan," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Yerri Suparna di Radisson Hotel, Kamis (8/10/2020) sore.

Ia mengungkapkan, penurunan angka Wisman yang masuk ke Kepulauan Riau bisa terbilang sangat signifikan, jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, kunjungan Wisman di Kepulauan Riau bisa mencapai 1,4 juta kunjungan.

Bahkan Tanjungpinang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, diungkapkannya tidak mendapatkan satupun kunjungan sejak April 2020 lalu.

"Dengan kondisi Covid-19 sekarang ini, yang paling terpukul dalam industri pariwisata ini adalah event dan penyelenggaraan kegiatan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran (MICE)," ujarnya.

Meski begitu, dirinya tetap optimis karena saat ini pelaku usaha pariwisata di Kepulauan Riau telah dibekali sosialisasi panduan CHSE MICE di Kota Batam dari Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Saya harap sosialisasi ini dapat berkontribusi positif, agar pariwisata di Kepulauan Riau yang rata-rata sudah bertaraf internasional ini dapat kembali bergelora dan memberi pemasukan untuk daerah," tegasnya menutupi.

Editor: Yudha