Bertambah 22, Total Pasien Positif Covid-19 di Batam Jadi 938 Orang
Oleh : Pascal Rh
Minggu | 13-09-2020 | 09:32 WIB
data_covvid-19_batam.jpg
Update Covid-19 di Batam Per 12 September 2020. (Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM, Batam - Peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Batam, kian hari semakin mengkhawatirkan. Pasalnya, hampir setiap hari peningkatan kasus baru berada di angka belasan hingga puluhan.

Teranyar, sebanyak 22 warga Kota Batam kembali terkonfirmasi virus Corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, melalui keterangan tertulis yang di terima BATAMTODAY.COM, Sabtu (12/9/2020).

"Dari 22 warga Batam yang baru dinyatakan positif Covid-19, ada 15 laki-laki dan 7 lainnya perempuan," kata Didi.

Adapun ke- 22 pasien yang baru dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, adalah:
Pasien pertama yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus nomor 917 atas nama Ny. NM, Nakes, beralamat di Kawasan Perum Tiban Jaya,Tiban Indah Sekupang. Memiliki kontak erat dengan lingkungan tempat tugasnya . Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.
Pasien ke-2 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus nomor 918 Tn. IZF, Karyawan Swasta beralamat di Kawasan Perum BSI Residence, Belian, Batam Kota. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-3 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus nomor 919 Ny. DP, Karyawan Swasta, beralamat di Kawasan Perum Dormitori Mukakuning, Sungai Beduk. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-4 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 920 Tn. SA, ASN Pemko Batam, beralamat di Kawasan Perum Tiban Palem, Tiban Baru Sekupang. Mengalami keluhan hilangnya indera penciuman. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSUD Embung Fatima.

Pasien ke-5 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 921 Tn.YPDR, P3K Instansi Vertikal, beralamat di Kawasan Perum,Taman Sari Hijau, Tiban Baru, Sekupang. Mengalami keluhan hilangnya indera penciuman. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-6 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 922 Ny. DWL, Ibu Tumah Tangga (IRT), beralamat di Kawasan Perum Pondok Pertiwi Sungai Harapan, Sekupang . Mengalami keluhan hilangnya indera penciuman. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-7 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 923 Tn. DYH, Swasta, beralamat di Kawasan Perum Muara Takus, Kampung Seraya, Batu Ampar. Mengalami keluhan demam dan batuk disertai sesak nafas. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RS Elizabeth Batam Kota.

Pasien ke-8 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 924 Ny WS, Karyawan Swasta, beralamat di Kawasan Perum Tiban I, Tiban Indah, Sekupang. Mengalami gejala demam dan batuk berdahak yang sulit dikeluarkan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSUD Embung Fatima.

Pasien ke-9 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 925 Tn. H, Swasta, beralamat di Kawasan Perum Legenda Malaka, Baloi Permai , Batam Kota. Mengalami keluhan ektremitas kiri lemah dan nyeri pada ekstremitas kanan di sertai demam. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSSD.

Pasien ke-10 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 926 Tn. D, Wiraswasta, beralamat di Kawasan Perum Cluster City Garden, Belian , Batam Kota. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-11 927 Tn. P, Buruh Elektrikal, beralamat di Kawasan Perum Yose Sade Indah, Tanjung Uncang, Batuaji. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salahsatu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-12 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 928 Tn.RP, Wiraswasta, beralamat di Kawasan Perum The Centro Hotel & Residence, Sukajadi, Batam Kota. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-13 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 929 Tn FM, Karyawan Swasta, beralamat di Kawasan Perum Komp. Griya Prima, Buliang, Batuaji. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-14 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 930 Tn.AR, Karyawan Swasta, beralamat di Kawasan Perum Tanjung Piayu, Suka Damai, Tanjung Piayu, Sungai Beduk. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-15 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 931 Ny.RF Karyawan Swasta, beralamat di Perum Mukakuning Blok R, Mukakuning, Sungai Beduk. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-16 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 932 Tn.D Karyawan Swasta, beralamat di Kawasan Perum Cendana, Belian, Batam Kota. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-17 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 933 Tn.PBS, Karyawan BUMN, beralamat di Kawasan Perum Jl. Palem Raja, Sukajadi, Batam Kota. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-18 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 934 Tn.ES, Karyawan BUMN, beralamat di Kawasan Perum Belavista, Taman Baloi, Batam Kota. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-19 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 935 Ny.T, Swasta, beralamat di Kawasan Perum Seraya Garden, Kampung Seraya, Batu Ampar. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pekerjaan tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-20 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 936 Tn.JJ, Swasta, beralamat di Kawasan Perum Tiban KSB, Patam Lestari, Sekupang. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salahsatu laboratorium klinik swasta, guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-21 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 937 Tn.RH, Swasta, beralamat di Kawasan Perum Puri Selebriti 2,Batu Besar, Nongsa. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi tanpa adanya keluhan. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Pasien ke-22 yang terkonfirmasi Covid-19 adalah kasus 938 Ny.UH, Nakes, beralamat di Kawasan Perum Kavling Bagan, Tanjung Piayu Sungai, Beduk. Mempunyai kontak erat dengan lingkungan tugas dan teman kerjakasus nomor 844 dan mengalami keluhan batuk, nyeri tenggorokan disertai sakit kepala dan mual. Yang bersangkutan sekarang dirawat di RSBK.

Penambahan pasien positif, kata Didi, merupakan hasil pemeriksaan swab oleh tim analis laboratorium BTKL PP dan analis laboratorium RSKI Covid-19 Galang.

Masih kata Didi, sesuai hasil penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

"Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19," timpalnya.

Guna kemaslahatan bersama, lanjutnya, masyarakat Kota Batam diharapkan agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta tetap dirumah saja.

"Jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup," pungkasnya.

Editor: Surya