Banyak Nakes di Batam Terpapar Covid-19, Rudi: Rumah Sakit Harus Terus Beri Pelayanan
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 12-09-2020 | 17:52 WIB
rudi-larang-rs-tutup.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam Muhammad Rudi menegaskan tidak akan menutup rumah sakit meski banyak Tenaga Kesehatan (Nakes) terkonfirmasi Covid-19.

Rudi menyampaikan, rumah sakit yang ada di Batam harus tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, meskipun hingga saat ini sudah banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

Diungkapkannya, larangan tutup ini tidak hanya bagi rumah sakit rujukan Covid-19 saja namun juga untuk semua rumah sakit yang ada di Batam.

"Rumah sakit perintahkan tetap buka dan tidak boleh menutup layanan kesehatan," kata Rudi di Golden Prawn, Jumat (11/9/2020) malam.

Dari data yang dikeluarkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam pada Jumat (11/9/2020) lalu, 916 masyarakat Kota Batam terkonfirmasi Covid-19. Dengan rincian, 540 orang telah sembuh, 38 orang meninggal dunia, dan 338 orang masih menjalani perawatan. Dari total keseluruahan, saat ini tercatat sebanyak 129 Nakes terkonfirmasi telah terpapar.

Kebanyakan dari para Nakes tersebut, merupakan bertugas di Fasilitas Kesehatan tingkat I, atau yang lebih dikenal dengan nama Puskesmas. "Seperti kemarin saja, sudah mencapai angka berapa total pasien Covid di Batam. Beberapa faskes juga saat ini terpaksa ditutup, tetapi satu yang saya tegaskan bahwa rumah sakit jangan sampai tutup," tegasnya.

Editor: Gokli