Cegah Penyebaran Covid-19, Lapas Batam Batasi Orang Masuk
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 01-09-2020 | 09:40 WIB
kalapas1.jpg
Kalapas Batam Mishbahuddin. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam belakangan ini terus mengalami peningkatan yang cukup tajam. Semua elemen masyarakat diminta terus waspada.

Tidak terkecuali di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Barelang, Kota Batam. Lapas mulai memperketat sesuai protokol kesehatan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham. Bahkan Lapas Batam tak lagi mendatangkan orang luar masuk ke lingkungan Lapas.

"Biasanya setiap Minggu itu kita selalu mendatangkan penyuluh agama seperti ustad, atau pastor dalam membina warga binaan. Tapi karena akhir-akhir ini Covid-19 mengalami tren peningkatan kita tiadakan," ujar Kalapas Batam Mishbahuddin, Senin (31/8/2020) kemarin.

Meskipun tidak mendatangkan penyuluh agama, kegiatan keagamaan di lingkungan Lapas Batam tetap digelar secara internal.

"Tetap digelar, tapi secara internal. Tidak lagi mendatangkan orang luar untuk masuk ke Lapas," ujarnya.

Hal itu, kata Mishbahuddin guna mencegah dan menimalisir terjadinya penularan virus corona di lingkungan Lapas Batam. Pemeriksaan protokol kesehatan terus diterapkan kepada para petugas Lapas.

"Kita di luar sudah siapkan tempat cuci tangan, balik disinfektan hingga pengecekan suhu tubuh, ini yang terus kita lakukan. Disamping itu, saya juga menghimbau kepada pegawai dan petugas wajib menggunakan masker, dan menghindari perkumpulan yang melibatkan banyak orang," katanya.

Tidak hanya kegiatan keagamaan saja yang dilakukan secara internal, kegiatan keterampilan warga binaan terpaksa harus dilakukan secara online.

"Kita terus mencegah terjadinya penyebaran covid-19 di Batam," pungkasnya.

Editor: Yudha