Tidak Ditemukan Adanya Barang Terlarang

Tim Inspektur Wilayah I Itjen Kemenkumham RI Saksikan Sidak Kamar Warga Binaan Lapas Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 27-08-2020 | 18:55 WIB
sidak-kamar-napi-btm.jpg
Tim Inspektorat dan pihak Lapas Batam usai sidak kamar warga binaan. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kemenkumham Republik Indonesia (RI) ikut dan menyaksikan langsung pengeledahan setiap kamar warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam pada Rabu (26/08/2020) kemarin malam.

Kedatangan Tim Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI juga melakukan monitoring dan evaluasi di Batam secara bersama-sama dengan Tim Satopspatnal Lapas Batam.

"Kita melakukan pengeledahan setiap hunia warga binaan bersama dengan Tim Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kemenkumham," ujar Kalapas Batam, Mishbahuddin, Kamis (27/08/2020).

Penggeledahan diblok kamar hunian warga binaan Lapas Batam guna mengantisipasi adanya barang-barang terlarang. Di antaranya berupa narkoba, HP, senjata tajam atau barang lainnya yang diianggap membahayakan.

Razia itu dilaksanakan langsung dipimpin Kalapas Batam Mishbahuddin didampingi pengendali teknis inspektur wilayah I, Andriyanto guna memastikan Lapas Batam terbebas dari adanya barang-barang terlarang tersebut.

"Kegiatan ini sudah sering kita lakukan juga berupa razia rutin dan insedentil atau gabungan dengan melibatkan instansi terkait. Tetapi hari ini (kemarin) sangat spesial karena dihadiri tim inspektorat yang menyaksikan langsung kegiatan di Lapas Bayam," ujar Mishbahuddin.

Pada kegiatan tersebut juga menyertakan Tim Satopspatnal Lapas Batam dan melibat akan petugas pengamanan berjumlah 70 orang. Dalam razia ini tidak ditemukan narkoba, Hp dan barang haram lainnya.

Hanya saja, barang-barang berupa sikat gigi yang ditajamkan dan barang lainnya seperti kartu remi, domino yang tidak membahayakan. Namun perlu dibersihkan guna menjaga kenyamanan warga binaan.

"Kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtib di Lapas dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Ke depan kita akan terus meningkatkan dari segi pelayanan kepada wargabinaan maupun para keluarga WBP itu sendiri guna memdapatkan pembinaan yang lebih baik, serta Lapas Batam tetap dalam kondisi aman dan kondusif," tegas Misbah.

Editor: Gokli