Ruas Jalan di Batuampar Tergenang Banjir Saat Diguyur Hujan
Oleh : Paskalis RH
Sabtu | 22-08-2020 | 17:52 WIB
banjir-btampar.jpg
Ruas jalan di daerah Batuampar, Kota Batam terendam banjir saat hujan, Sabtu (22/8/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kota Batam, Sabtu (22/8/2020) siang, menyebabkan sejumlah ruas jalan di beberapa wilayah tergenang banjir.

Salah satu ruas jalan yang paling parah mengalami banjir adalah ruas jalan dari arah Sengkuang menuju Simpang Batuampar, tepatnya di depan Komplek MCP Industrial Park.

Pantauan BATAMTODAY.COM, ruas jalan tersebut digenangi banjir akibat mampetnya saluran drainase di kawasan itu.

Menurut Hobong, salah seorang warga yang melintasi jalan tersebut, kondisi seperti ini sudah biasa terjadi saat diguyur hujan. Ia mengatakan, saat turun hujan, ketinggian air yang menggenangi ruas jalan di kawasan tersebut mencapai 10 Centimeter.

"Sudah biasa bang. Ini akibat dari tidak berfungsinya sistem drainase di kawasan ini, sehingga luapan air yang berasal dari drainase menutup dan menggenangi ruas jalan itu," kata Hobong saat ditemui di lokasi, Sabtu (22/8/2020).

Akibatnya, kata Hobong, para pengendara terpaksa harus memelankan laju kendaraannya karena genangan air menutupi lobang di ruas jalan tersebut. "Buruknya drainase dari pelebaran jalan ini, mengakibatkan saluran air tidak lancar sehingga menimbulkan air bercampur lumpur mengalir ke badan jalan sehingga arus lalu lintas menjadi terkendala," katanya.

Ia berharap, Pemerintah Kota (Pemko) Batam segera menanggulangi agar ke depannya tidak terjadi lagi banjir pada saat musim hujan.

Hingga sore ini, genangan air bercampur lumpur mulai berangsur turun. Arus lalu lintas di sepanjang jalan tersebut sudah mulai kembali normal.

Editor: Gokli