Tak Gelar Panggung Hiburan

Perayaan HUT RI ke-75, Rutan Batam Gelar Senam Sehat dan Berbagai Perlombaan Olahraga
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 17-08-2020 | 09:40 WIB
penyerahan-bantuan13.jpg
Penyerahan hadiah lomba hari kemerdekaan. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perayaan HUT Kemerdekaan RI bertepatan pada Senin 17 Agustus 2020 tampak berbeda dari tahun sebelumnya. Di masa pendemi Covid-19, Rumah Tahanan (Rutan) kelas II A Batam tak lagi menggelar panggung hiburan. Hal itu, guna menimalisir atau mencegah penyebaran Covid-19 di Rutan Batam.

Meski tidak mendatangkan biduan, kegiatan panggung hiburan diganti dengan senam sehat bersama warga binaan dan pegawai Rutan Batam.

"Biasanya di hari puncak kita mengadakan panggung hiburan. Tapi karena pendemi, kita ganti dengan senam sehat," ujar Kepala Rutan Batam, Yan Patmos, Senin (17/8/2020) pagi.

Senam sehat itu, diadakan di lapangan Rutan Batam pada Kamis 13 Agustus lalu. Selain senam sehat, ada enam perlombaan yang diadakan Rutan Batam dalam perayaan HUT Kemardekaan RI. Di antaranya perlombaan futsal, voli, tarik tambang, domino, dan tenis meja.

Enam perlombaan itu diikuti oleh perwakilan warga binaan di empat blok yang tersedia dan pegawai Rutan Batam.

"Kegiatan perlombaan berlangsung sejak Senin-Kamis (10-13/08/2020). Diikuti oleh perwakilan kamar warga binaan dan pegawai Rutan Batam," ujarnya.

Di hari HUT RI, Rutan Batam juga menggelar upacara Kemerdekaan yang diikuti oleh 278 warga binaan yang mendapatkan remisi umum HUT Kemerdekaan RI dan seluruh para pegawai Rutan.

Di samping itu juga digelar secara simbolis penyerahan remisi kepada warga binaan dan pemberian hadiah perlombaan 17 Agustus.

"Hadiah yang kita berikan berupa sembako mulai dari kopi, gula mie. Total saat ini warga binaan sebanyak 901 jiwa dengan rincian 791 jiwa didalam Rutan dan di sel tahanan penyidik sebanyak 110 orang," tutup Yan Patmos.

Editor: Yudha