Amsakar Achmad Tinjau Penyaluran BPNT di Kelurahan Batumerah
Oleh : Paskalis RH
Kamis | 13-08-2020 | 18:05 WIB
bpnt-batumerah.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat menyerahkan BPNT kepada perwakilan KPM Kelurahan Batumerah, Batuampar, Kamis (13/8/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota sekaligus Ketua Pengentasan Kemiskinan Kota Batam, Amsakar Achmad meninjauan secara langsung proses penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada warga Kelurahan Batumerah, Kecamatan Batuampar, Kamis (13/8/2020).

Amsakar menjelaskan, peninjauan secara langsung penyaluran BPNT bertujuan untuk memastikan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemenkes) RI benar-benar tepat sasaran.

"Dalam situasi sulit seperti ini, mudah-mudahan dengan adanya bantuan seperti ini dapat meringankan beban dari warga masyarakat," kata Amsakar.

Bantuan seperti ini, kata dia, merupakan upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan demi mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, program-program ekonomi kerakyatan harus terus digalakkan.

Di Kota Batam, jelasnya, sebanyak 23.086 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BPNT ini. Sementara untuk Kecamatan Batuampar sendiri ada 2.205 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Adapun bantuan yang disalurkan, kata dia, terdiri dari beras 10 Kg, kacang hijau 1 Kg, telur 1 papan, dan 1 Kg buah jeruk. Empat bahan pokok tersebut harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan Kemensos.

"Ada empat komponen yang harus dipenuhi dalam bantuan ini. Yakni karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan vitamin," ujarnya.

Anggaran BPNT ini, sebutnya, langsung ditransfer ke Kartu Kelurga Sejahterah (KKS) dan uang yang ada ditukar di agen yang sudah ditunjuk. Untuk di Batuampar, katanya lagi, ada delapan agen, lima di antaranya merupakan e-Warung.

Di tempat yang sama, Perwakilan KPM, Nadia Peni menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang terus memperhatikan warganya. Ia mengaku, bantuan rutin tiap bulan tersebut sangat membantu warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Alhamdulillah, BNPT saat ini mengalami peningkatan. Sebelumnya hanya beras, namun kini ada telur dan buah juga. Untuk nominal juga meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 110 ribu, naik jadi Rp 150 ribu dan pada Maret lalu naik lagi jadi Rp 200 ribu," tambahnya.

Usai menerima BNPT tersebut, Nadia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak pemerintah yang telah memberikan bantuan pangan bagi warga kuranh mampu di Kelurahan Batumerah. "Mewakili KPM, saya sangat berterimakasih kepada pemerintah karena dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Batumerah ditengah pandemi Covid-19," pungkasnya.

Editor: Gokli