Total Jadi 267 Pasien

Hari Ini, 4 Warga Batam Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 15-07-2020 | 20:16 WIB
tambah-4-positif.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Empat orang warga Batam, terdiri dari tiga laki-laki dan seorang wanita, kembali terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu disampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi melalui siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Rabu (15/7/2020) sore. "Hari ini ada penambahan 4 orang warga Batam terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan penambahan ini, total pasien positif menjadi 267 orang," kata Rudi.

Para pasien ini, kata dia, dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil temuan contact tracing penyisiran dan kasus baru di Kota Batam.

Rudi menuturkan, pasien pertama yang dinyatakan positif adalah seorang waitres Lounge Hotel berinisial H. Saat ini, paparnya, yang bersangkutan bertempat tinggal di Perumahan Bengkong Nusantara, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong.

"Pasien ini diketahui positif Covid-19, setelah Tim Surveillance Dinas Kesehatan Kota Batam melakukan Penyelidikan Epidemiogi (PE) terhadap terkonfirmasi positif kasus nomor 247 yang merupakan anggota Group Band yang lebih dahulu terpapar Virus Corona," ujarnya.

Berdasarkan hasil Penyelidikan Epidemiogi (PE), sebutnya, pasien ini kemudian mengikuti pemeriksaan swab test tenggorokon di RS Budi Kemuliaan, yang hasilnya baru diketahui hari Ini positif terpapar Corona.

"Hasil positif dari swab test tenggorokan yang diikuti pasien ini, maka yang bersangkutan ditetapkan sebagai kasus positif Covid-19 nomor 264," tambahnya.

Selanjutanya, pasien kedua merupakan seorang remaja laki-laki berinisial MF berusia 15 tahun. Ia adalah Pelajar dan beralamat di perumahan Prima Garden, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji. "Remaja ini tertular virus Corona atau Covid-19 dari orang tuanya (Pasien nomor 253) yang saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang," ungkapnya.

Pasien ini dinyatakan positif Covid-19, tegasnya, setelah hasil positif dari pengambilan swab test tenggorokon di RSUD Embung Fatima. Dengan hasil itu, pelajar ini kemudian ditetapkan sebagai kasus baru Covid-19 nomor 265 di Kota Batam.

Pasien ketiga yang terkonfirmasi, lanjutnya, adalah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berusia 26 tahun berinisial SS dan beralamat di perumahan Kavling Saguba, Kelurahan Sei Binti, Kecamatan Sagulung, Kota Batam. "IRT ini merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 266 di Kota Batam. Ia tertular dari pasien Nomor 254 yang merupakan orang tua kandungnya, yang saat ini sedang menjalani perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang," tandasnya.

Pasien nomor 266, katanya lagi, diketahui positif Corona setelah mengikuti swab test tenggorokon di RSUD Embung Fatima pada tanggal 13 Juli 2020 lalu berdasarkan hasil Penyelidikan Epidemiogi (PE) yang dilakukan oleh Tim surveillance Dinas Kesehatan Kota Batam.

Sementara pasien terakhir, sambungnya, merupakan Petani atau Pekebun berinisial L dan merupakan suami dari pasien nomor 254 yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19 yang tengah menjalani perawatan di RSKI Galang.

"Pasien nomor 267 merupakan suami dari pasien Nomor 254. Merka tinggal di perumahan Kampung Bumi Aji, Kebun Sayur, Kelurahan Sei Binti, Kecamatan Sagulung, Kota Batam," timpalnya.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, ke-4 pasien ini langsung dievakuasi ke RSKI Galang untuk menjalani proses perawatan oleh tim medis. Sejauh ini, sebutnya, kondisi para pasien dalam keadaan stabil serta tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Selain mengumumkan penambahan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, Rudi juga menyapaikan kabar gembira tentang kesembuhan 2 orang pasien yang tengah dirawat di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

"Walaupun ada penambahan 4 pasien positif, hari ini juga ada kabar baik, yaitu dua orang pasien yang selama ini tengah menjalani perawatan di RSBP Batam telah dinyatakan sembuh oleh Tim Medis," akunya.

Kedua pasien yang telah sembuh ini adalah Nurmala Sari, warga Buana Garden, Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk. Sementara pasien lainnya, yakni seorang Karyawan PT Citra Tubindo, Kawasan Industri Panbil bernama Septiandi, Berlamat di Kavling senjulung, Rt 02/Rw 09 Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

"Dengan demikian, kedua pasien yang telah sembuh ini sudah diperbolehkan oleh Tim Medis untuk kembali kerumahnya masing-masing untuk melaksanakan self isolation atau karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari," pungkasnya.

Editor: Gokli