Setelah Rapit Tes Gratis, Gugus Covid Fasilitasi Keberangkatan 103 Santri Lirboyo
Oleh : Hadli
Rabu | 15-07-2020 | 13:24 WIB
santri-lirboyo-batam.jpg
Foto bersama wali santri dan Himpunan Alumni Santri Hirboyo sebelum cek in di Terminal Keberangkatan Bubu Hang Nadim Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 103 Santri Pondok Pesanten Lirboyo, Kediri, Jatim asal Batam, diberangkatkan melalui Bandara Nadim Batam, Rabu (15/07/2020) pagi.

Keberangkatan para santri itu diantar langsung masing-masing wali santri dan Pengurus Himasal Cabang Batam (Himpunan Alumni Santri Hirboyo).

Pantauan BATAMTODAY COM di Bandara Hang Nadim, ratusan santri yang berangkat mengikuti tetap mengikuti proses protokol kesehatan BUBU Hang Nadim Batam. Hal itu dilakukan agar seluruh santri yang berangkat tidak terpisah.

"Alhamdulilah proses keberangkatan berjalan lancar, sangat dipermudahkan berkat koordinasi Himpunan Alumni Santri Hirboyo (Himasal) bersama Pemko Batam," kata Jumardi, salah seorang wali santri Lirboyo kepada media ini di terminal keberangkatan Bubu Hang Nadim Batam.

Sebelum diberangkatkan ke Jatim, ke 103 Santri Pesantren Lirboyo telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Rapit tes dilakukan dalam dua gelombang di RSUD Embung Fatimah tanpa dipungut biaya alias gratis. Hasilnya, seluruh santri negatif.

Di tempat yang sama, Imam Hasan Ashari, Ketua Himpuna Himasal (Himpunan Alumni Santri Hirboyo) Cabang Batam menuturkan, untuk mengurus keberangkatan para santri, pihaknya berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid 19 Batam.

"Santri berasal dari Batam dan sekitar. Semuanya berangkat dalam satu pesawat di tanggal dan jam yang sama, sebelumnya sebagai persyaratan kami merasa bersyukur dibantu oleh tim gugus tugas covid 19 yang juga dijabat Wali Kota Batam, kami wali murid berterimakasih atas bantuannya pak Rudi," kata Imam Hasan Ashari.

Selain wali santri dan pengurus alumni Lirboyo, pelepasan para santri juga dihadiri Asisten 2 Pemko Batam, Febri Alin dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam, Riama Manurung.

Sebagai catatan, sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid - 19 Kota Batam juga telah memfasilitasi rapid tes gratis kepada santri asal Batam yang belajar di berbagai pesantren di luar wilaha Kepri, diantaranya 512 santri Gontor.

Editor: Dardani