MUI Kepri Gelar Penguatan Kelembagaan Ormas Islam di PIH Batam
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 11-07-2020 | 16:20 WIB
MUI-Kelembagaan.jpg
Penguatan kelembagaan ormas Islam di PIH Batam, Sabtu (11/7/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepulauan Riau menggelar kegiatan penguatan kelembagaan ormas Islam. Kegiatan tersebut berlangsung di PIH Batam, Sabtu (11/7/2020).

Wakil Ketua MUI Provinsi Kepulauan Riau, KH Bambang Maryono mengatakan, kegiatan ini guna menyamakan pola pikir, agar memiliki satu pemikiran untuk melaksanakan arahan serta gerakan umat Islam ke depan.

"Karena di sini kita memiliki tanggung jawab keagamaan, tanggung jawab keumatan dan tanggung jawab berbangsa bernegara," kata Bambang.

Lanjut Bambang, dalam kegiatan ini nantinya pihaknya akan membahas beberapa poin penting. Beberapa di antaranya adalah pembahasan permasalahan selama satu tahun ke belakang, tentang surat menyurat serta gerakan-gerakan MUI ke depan.

Diungkapkannya, pembahasan-pembahasan ini tidak lain bertujuan untuk terus menyatukan umat beragama agar dapat terus berdampingan dan saling membantu satu dengan lainnya.

"MUI pusat, daerah, hingga kecamatan harus bergerak sehingga terjadi sinergritas yang tinggi dan terciptanya situasi yang aman dan kondusif," tegasnya.

Di waktu yang bersamaan, Plt Gubernur Kepri Isdianto mengungkapkan, MUI merupakan lembaga yang strategis dan selalu menjadi rujukan umat muslim di Indonesia melalui fatwa-fatwanya.

Tidak hanya berperan dalam memberikan pelayanan kepada ummat namun juga sekaligus menjadi perekat antara ummat dan masyarakat sehingga tercipta tatanan kehidupan yang aman, kondusif dan harmonis.

"Di tengah kondisi yang tengah dilanda pandemi Covid-19, banyak sektor yang terdampak untuk itu. Seluruh elemen masyarakat harus terus bersinergi agar bersama dapat melalui dan mengingatkan kepada kebaikan," tegasnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir KH Didi Suryadi, KH Usman Ahmad, Ustad Erwin Abdul Gaza, dan berbagai Ormas muslim lainnya.

Editor: Gokli