Total 251 Orang Positif Covid

Seorang Santri dan Dosen Swasta di Batam Positif Covid-19
Oleh : Paskalis Rianghepat
Jum\'at | 10-07-2020 | 12:04 WIB
corona-kedua-btm1.jpg
Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Walikota Batam sekaligus Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Muhammad Rudi kembali mengumumkan 3 orang warga Batam terkonfirmasi positif Covid-19.

Penambahan ini, kata Rudi, merupakan hasil pemeriksaan swab dari Tim Analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil Temuan dari kasus baru dan Contact Tracing Kasus 208 di Kota Batam.

"Dengan adanya penambahan 3 warga Batam yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka total jumlah pasien positif menjadi 251 orang," kata Rudi melalui siaran pers, Kamis (9/7/2020) kemarin.

Rudi menjelaskan, pasien pertama yang dinyatakan positif adalah seorang Laki-laki berinisial M, berusia 32 tahun. Ia beralamat di kawasan perumahan Batu Merah, Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Batu Ampar Kota Batam.

Pasien ini, kata Rudi, diketahui positif Covid-19 dari hasil Contact Tracing Kasus 208 yang merupakan anak kandungnya dan terlebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dengan dinyatakan positif Covid-19, maka yang bersangkutan ditetapkan sebagai kasus baru nomor 249 setelah dua kali hasil positif dari Swab test yang dijalani di rumah sakit Budi Kemuliaan," ujarnya.

Selanjutanya, pasien kedua yang dinyatakan positif Covid-19 adalah Dosen PT Swasta berinisial P, beralamat di Perumahan Palem Raya, Kelurahan Tanjung Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam.

Pasien ini, jelasnya, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 250 Kota Batam, setelah melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri di klinik Husada Tama Batam untuk keperluan memenuhi persyaratan penerbangan dengan hasil reaktif.

"Mengingat hasil RDTnya reaktif, pasien ini kemudian di evakusai ke Puskesmas Tanjung Sengkuang untuk melaksanakan karatina mandiri.

Namun, setelah mengikuti dua kali swab test di RS Budi Kemuliaan, yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19," terang Rudi.

Sementara pasien ketiga, lanjutnya, adalah seorang Pelajar atau Santri, berusia 19 tahun Laki-laki berinisial WA. Ia bertempat tinggal di kawasan perumahan Tiara Mantang, Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Ia diketahui positif Covid-19, sebut Rudi, setelah melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri di Klinik Medi Plus memenuhi persyaratan penerbangan ke Jawa Timur untuk melanjutkan pendidikannya yang hasilnya diperoleh Reaktif.

Usai hasi RDTnya diketahui reaktif, sambungnya, pelajar tersebut oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Sungai Lekop yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 Galang. Saat diisolasi, pasien ini Kemudian melakukan pemeriksaan Swab Tenggorokan pertama dan kedua yang hasilnya Terkonfirmasi Positif.

"Dengan demikian, yang bersangkutan ditetapkan sebagai kasus baru Covid-19 Nomor 251 di Kota Batam," ungkapnya.

Meski telah ditetapkan sebagai pasien positif Covid-19, sebutnya, kondisi semua pasien dalam keadaan stabil dan baik-baik saja serta saat ini telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

Editor: Yudha