Tiga Minggu Jelang Hari Raya Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban Masih Sepi
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 09-07-2020 | 09:08 WIB
sapi-kurban11.jpg
Kandang Jagal Utama, Sei Temiang. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pandemi virus Corona atau Covid-19 membuat permintaan hewan kurban mengalami penurunan. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi yang turun sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat.

Tiga minggu menjelang hari raya Idul Adha penjualan hewan kurban masih lesu. Hal ini diakui oleh Warno, salah satu pedagang hewan kurban di Komplek Pertenakan Seitemiang.

"Masih sepi penjualan, dari 800 kambing yang tersedia sekitar 100 ekor baru terjual," ujar Warno, pemilik kandang Jagal Utama, Kamis (9/7/2020).

Ia menuturkan pada tahun ini permintaan mesjid dan masyarakat kota Batam mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun rata-rata para pedagang sudah menurunkan jumlah pemasok hewan kurban ke Batam.

"Masakan hewan kurban jumlahnya sangat beda dari tahun sebelumnya. Ini menyikapi pendemi Covid-19, tapi tetap saja permintaan masyarakat juga turun," ujar Warno.

Untuk hewan kurban sapi di kandang miliknya menyediakan 200 ekor mulai dari harga Rp 18 hingga Rp 55 juta per ekor. Hingga saat ini sudah laku terjual sekitar 60 persen.

"Alhamdulilah untuk sapi sudah 60 persen terjual dari total 200 sapi yang didatangkan dari Lampung. Kita berharap daya beli masyarakat mendekati hari raya bisa meningkat," harapannya.

Editor: Yudha