Pasien Positif Covid-19 di Batam Bertambah Dua Orang
Oleh : Paskalis Rianghepat
Kamis | 02-07-2020 | 10:08 WIB
update-covid111.jpg
Data update Covid-19 Kota Batam Per tanggal 1 Juli 2020. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua orang warga Kota Batam dinyatakan positif Covid-19. Dengan adanya penambahan ini, total pasien positif Covid-19 di Kota Batam menjadi 229 orang.

Penambahan pasien ini disampaikan Walikota Batam yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi, melalui keterangan tertulis, Rabu (1/7/2020) malam.

"Ada dua orang warga Batam kembali dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam," kata Rudi.

Pasien pertama yang dinyatakan positif Covid-19, kata Rudi, adalah Tn.MHS, seorang laki-laki berusia 37 tahun bekerja sebagai Pelaut atau Crew Kapal. Ia beralamat di Kawasan Perumahan Putri Tujuh Sentosa, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji Kota Batam.

"Ia dinyatakan positif Covid-19 nomor 228 di Batam. Ia diketahui positif memeriksakan diri ke RS Awal Bros Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan ke Jakarta untuk memenuhi panggilan tempatnya bekerja dengan hasil Reaktif," terang Rudi.

Sehubungan dengan hasil pemeriksaan RDT tersebut, tambahnya, oleh tim medis Puskesmas Batuaji kemudian dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya terkonfirmasi Positif.

Selanjutnya, pasien kedua yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah Tn.EY berusia 29 tahun. Ia bekerja sebagai karyawan Perusahaan Plastik di Kawasan Kabil, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

"Pasien ini tertular dari kasus Nomor 215 yang merupakan adik kandungnya serta rekan kerjanya yang lebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19 serta merupakan kasus pertama dari Cluster PT. FCS Kabil nomor 204," ujarnya.

Pasien ini, lanjutnya, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 229 Kota Batam. Ia diketahui positif Covid-19 daru tindaklanjut contact tracing yang dilakukan oleh tim surveillance terhadap cluster ini maka terhadap yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan RDT pada tanggal 22 Juni 2020 dengan hasil Non Reaktif.

"Mengingat yang bersangkutan merupakan closes contact primer dari kasus adiknya, maka pada tanggal 27 Juni 2020 dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi Positif," ungkapnya.

Sejauh ini, jelasnya, kedua pasien dalam keadaam stabil dan dalam persiapan perawatan isolasi atau karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

Selain penambahan jumlah pasien positif, Rudi juga mengumumkan bahwa pada saat yang sama tim medis juga menyatakan seorang pasien positif Covid-19 yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam dinyatakan sembuh dari Corona.

"Pasien yang dinyatakan sembuh adalah warga Kota Batam terkonfirmasi positif Nomor 189," ungkapnya.

Pasien sembuh ini adalah Risma Ester Bangun, warga Kurnia Djaya Alam Jl. Parkit 2 no 6, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota. Ia dinyatakan sembuh dari Virus Corona setelah dua kali hasil pemeriksaan swab yang hasilnya Negatif.

Dengan demikian, sambungnya, total jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di Kota Batam menjadi 179 orang dari 229 pasien yang dinyatakan positif.

"Bertambahnya pasien yang dinyatakan sembuh, maka jumlah pasien positif di Batam tinggal 38 orang yang sedang menjalani proses perawatan di rumah sakit rujukan yang ada di Batam, sementara 12 lainnya sudah meninggal dunia," pungkasnya.

Editor: Yudha