Hari Ini, Satu Lagi Warga Batam Terkonfirmasi Positif Covid-19
Oleh : Paskalis RH
Kamis | 14-05-2020 | 18:36 WIB
Azril-Jibir-corona-btm.jpg
Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Azril Apriansyah. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah kasus Corona di Batam hingga kini meningkat menjadi 50 kasus. Hal ini seiring bertambahnya 1 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (14/5/2020) sore.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Batam, penambahan pasien positif Corona merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam.

"Kasus baru tersebut merupakan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari terkonfirmasi positif nomor 32, yakni WNA yang telah meninggal dunia," kata Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Azril Apriansyah, melalui siaran persnya, Kamis (14/5/2020).

Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial CK berusia 61 tahun, warga Kecamatan Batuampar. "Pasien ini merupakan kasus baru Covid-19 nomor 50 di Kota Batam. Ia terpapar karena tinggal dengan pasien positif nomor 46, yang merupakan tante (adik ibu) yang bersangkutan," ujarnya.

Guna memutus rantai penyebaran, kata dia, pasien tersebut sekarang sedang dalam perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan Covid-19 Galang, Kota Batam.

Azril menjelaskan, Pada 8 Mei 2020, Tim Puskesmas Tanjung Sengkuang bersama Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Batuampar melakukan pemeriksaam RDT terhadap yang bersangkutan dengan hasil dinyatakan reaktif. Dengan diperolehnya hasil RDT tersebut yang bersangkutan kemudian dirujuk ke rumah sakit RSKI Covid-19 Galang, guna pemantauan dan penanganan lebih lanjut.

Kemudian, sambungnya, untuk memastikan kondisi yang bersangkutan terbebas dari Covid-19, ia lalu mengikuti beberapa kali swab tenggorokan dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Yang bersangkutan dua kali melakukan swab tenggorokan. Dari hasil swab pertama dia dinyatakan negatif. Namun setelah keluar hasil swab yang kedua, ternyata ia dinyatakan positif," tambahnya.

Dari hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan, kasus ini diyakini berkaitan erat dengan cluster jamaah tabligh terkonfirmasi positif nomor 32 yang terpantau masih berkembang.

"Untuk itu tim surveilans Dan Epidemiologi masih terus bergerak melakukan proses contact tracing dan penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap semua orang yang diduga memiliki kontak terhadap kasus terkonfirmasi tersebut," pungkasnya.

Walaupun sudah dinyatakan positif, kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta masih dalam proses perawatan isolasi di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Editor: Gokli