Mulai Hari Ini, Polda Kepri Gelar Operasi Ketupat 2020 Hingga 31 Mei 2020
Oleh : Paschall Rianghepat
Jumat | 24-04-2020 | 12:53 WIB
BTD-S01-Kabid-Humas-Polda-Kepri.jpg
Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt. (Foto: Paschall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jajaran Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri), secara resmi mulai menggelar operasi ketupat 2020 mulai hari ini, Jumat (24/4/2020) hingga H+7 lebaran mendatang.

Menurut Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt, pelaksanaan opersasi tersebut dipercepat sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik ditengah pandemo virus corona atau Covid-19.

"Operasi ketupat 2020 dimulai hari ini secara serentak di seluruh Indonesia," ujar Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goledhardt usai mengikuti kegiatan sidak ketersediaan sembako di pasar Mega Legenda, Batam Center, Kamis (23/4/2020).

Konsep Operasi ketupat tahun ini, kata Harry, berbeda dengan konsep operasi di tahun-tahun sebelumnya. Konsep opereasi kali ini lebih mengutamakan pada operasi untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 serta berfokus pada larangan mudik yang dianjurkan pemerintah.

"Operasi kali ini kita fokuskan pada pelarangan mudik bagi masyarakat guna mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, operasi ketupat 2020 dilaksanakan untuk menjamin rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan kemudian terhindar dari wabah Covid-19, serta terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif saat dan sesudah lebaran," jelas dia.

Harry menyebutkan, saat operasi pihak kepolisian akan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak mudik. Artinya tidak mudik sampai menjadi penyebar virus Corona di kampungnya.

"Dalam operasi ketupat kali ini, petugas lapangan pun menggunakan pendekatan humanis saat ada warga masyarakat yang hendak mudik untuk membatalkan niatnya, sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19," tegasnya.

Untuk memudahkan operasi ini, sambugnya, polisi telah menentukan sejumlah titik pos jaga lewat perhitungan data dan evaluasi. Secara teknis akan ada pos pelayanan terpadu bersinergi dengan TNI dan instansi terkait.

"Operasi Ketupat 2020 bakal berakhir pada H+7 lebaran Idul Fitri 2020. Namun, untuk kepastian tanggal, pihaknya menunggu keputusan pemerintah terkait penetapan Hari Raya Idul Fitri," pungkasnya.

Editor: Dardani