Tinjau Harga dan Stok Sembako, Polda Kepri Sidak Pasar Mega Legenda
Oleh : Pascal Rh
Kamis | 23-04-2020 | 13:20 WIB
operasi_pasar_polda_kepri.jpg
Dirkrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Hanny Hidayat (Kanan) didampingi Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt (kiri) Pada saat melakukan sidak di Pasar Mega Legenda, Batam Center, Kamis (23/4/2020). (Foto: Paschall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk memastikan harga bahan pangan di tengah maraknya wabah Covid-19 dan menjelang pembukaan bulan suci Ramadhan, Jajaran Polda Kepri bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desprindag) Kota Batam melakukan sidak dan meninjau harga bahan pokok di pasar Mega Legenda, Kamis (23/4/2020).

Kegiatan sidak dipimpin langsung oleh Direktur Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kepri, Kombes Pol Hanny Hidayat didampingi Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt serta perwakilan dari dinas Disperindag Kota Batam.

Dirkrimsus Polda Kepri Kombes Pol Hanny Hidayat mengatakan kegiatan sidak pasar dalam rangka kesiapan memasuki bulan puasa dan lebaran. Dari hasil sidak, di peroleh untuk harga bahan pokok (sembako) masih sesuai dengan HET yang di tentukan pemerintah.

"Setelah di cek langsung ke lapangan, harga-harga sembako masih stabil. Walaupun ada kenaikan harga seperti harga gula pasir, menurut para pedagang itu sudah biasa, yang penting kenaikan tidak melonjak," kata Hanny.

Hanny menambahkan, dirinya bersama jajaran hanya menjalankan tugas untuk memastikan bahwa harga kebutuhan barang-barang pokok tetap stabil. Sekalipun ada kenaikan harga, diharapkan tidak signifikan, dan masih berada di batas harga yang normal.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan keseluruhan harga bahan pokok masih stabil berdasarkan pemantaun di lapangan oleh satgas pangan.

Ketersediaan stok dan kelancaran distribusi bapokting, kata Harry, muali dari produsen ke distributor dan ke penjual atau retail memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran di wilayah Provinsi Kepulauan Riau masih aman dan cukup.

"Dari pantauan dilapangan, Ketersediaan stok dan kelancaran distribusi dari produsen ke distributor dan ke penjual masih aman dan Cukup," kata Harry.

Adapun daftar harga, sambungnya, yang diperoleh pada saat sidak, diantaranya, Harga gula pasir Rp 12.500 per kg, Beras medium Rp 11.500 perkg, Beras Premium Rp 13.500 perkg.

Sementara itu, kata dia, harga kebutuhan lain yang masih stabil diantaranya, harga Cabe merah Rp 26.000 per kg, Cabe rawit hijau Rp 28.000 perkg.

"Harah Bawang juga masih stabil. Seperti harga bawang merah masih Rp34.000 per kg Bawang putih Rp 38.000 per kg, Minyak goreng Rp 11.000 per kg, Tepung terigu Rp 8.000 per kg serta harga Daging sapi Rp 130.000 per kg, Daging ayam Rp 34.000 per kg, Telur ayam Rp. 39.000 per papan," terangnya.

Berdasarkan hasil sidak, lanjutnya, rata-rata semua harga kebutuhan masih di peroleh sesuai dengan HET yang di tentukan pemerintah.

"Insyallah untuk semua kebutuhan masyarakat masih dalam keadaan aman, dan pengecekan harga ini terus kita lakukan," pungkasnya.

Editor: Surya