Pria Asal Jogja Ini Mengaku Bisa Sembuhkan Pasien Positif Covid-19 dengan Ramuan Tradisional
Oleh : Pascal Rianghepat
Rabu | 22-04-2020 | 12:52 WIB
suryadi1.jpg
Suryadi Pulunggono. (Foto: Pascall Rh)

BATAMTODAY.COM, Batam - Suryadi Pulunggono, pria kelahiran Bantul, Yogyakarta mengaku mampu menyembuhkan virus Corona atau Covid-19 dengan menggunakan ramuan tradisional.

Suryadi, begitu sapaan akrabnya, mengaku bisa menyembuhkan semua wabah penyakit. Keahliannya itu, ia dapatkan secara turun temurun dari nenek moyangnya.

"Wabah penyakit yang secara medis belum memiliki obat bisa saya sembuhkan semuanya. Keahlian ini merupakan turun temurun dari para leluhur," kata Suryadi kepada BATAMTODAY.COM saat ditemui di bilangan Nagoya, Kota Batam, Selasa (21/4/2020) kemarin.

Suryadi menyebutkan, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa disembuhkan menggunakan ramuan buatannya. Dia mengaku meracik sendiri obat yang diklaimnya bisa menyembuhkan pasien Corona. Ramuan tersebut, berasal dari rempah bumbu dapur yang diolah seperti jamu.

"Untuk saat ini, ramuannya belum ada. Ramuan itu saya buat setelah ada pasien yang datang ke saya untuk berobat. Saat itulah saya buat ramuannya," ujarnya.

Suryadi mempersilahkan masyarakat yang mengalami gejala sakit, seperti positif terinfeksi virus corona atau Covid -19 datang langsung datang ke kediamannya untuk mendapatkan obat racikannya.

"Masyarakat jangan panik dan takut akan virus corona yang mewabah ini. Kalau mau mendapatkan obat dari saya, bisa datang langsung atau menghubungi ke nomor 085264338784, ini nomor Hp saya," tambahnya.

Ia juga mengaku prihatin melihat kondisi sekarang ini sehingga memberanikan diri menghubungi Wakil Ketua 1 DPRD Kota Batam, Sekda Kota Batam dan Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam untuk menawarkan diri sebagai relawan Covid-19.

"Saya sudah menghubungi para pemangku jabatan di Kota Batam untuk menawarkan diri sebagai relawan Covid-19. Namun hingga saat ini belum ada jawaban dari mereka," akunya.

Suryadi mengaku telah melakukan pengobatan sejak masih muda. Tapi seiring berjalannnya waktu, praktek pengobatan ini sempat dihentikan karena hijrah ke Kota Batam. Namun melihat kondisi sekarang, ia pun memberanikan diri untuk membantu menyembuhkan wabah penyakit ini.

Editor: Yudha