Satu Pesawat Hercules Kembali Bawa Bantuan Alat Kesehatan untuk RSD Pulau Galang
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 04-04-2020 | 13:48 WIB
hercules-bawa-alat-kesehatan.jpg
Satu Pesawat Hercules Yang Membawa Bantuan Alkes Tiba di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Sakit Darurat (RSD) di Pulau Galang direncanakan akan mulai beroperasi pada, Senin (6/4/2020) mendatang.

Segala bentuk persiapan dan penunjang terus dipenuhi, tenaga medis dan non medis untuk rumah Sakit RSD di pulau Galang juga sudah sebagian menempati mess yang telah disediakan.

Buktinya, Sabtu (4/4/2020), pesawat Hercules CN-295 TNI AU A-2907 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta membawa ribuan alat kesehatan melalui Bandara Udara Hang Nadim Batam.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam, Mayor Lek Wardoyo mengatakan, pihaknya telah menerima alat kesehatan yang di distribusikan untuk kebutuhan rumah sakit khusus Covid-19 di pulau Galang kota Batam.

Alat kesehatan yang datang pada hari ini berupa 80 koli APD (Alat Perlindungan Diri) dan 20 koli masker langsung diserah terimakan dari pihak TNI AU yang diwakilkan oleh Mayor Lek Wardoyo selaku Kadisops Lanud Hang Nadim kepeda Mayor ARH Alexander A selaku Kasdim Kodim 0316/Batam di Baseops Lanud Hang Nadim.

"Lanud Hang Nadim telah menerima peralatan Yaitu 20.000 masker dan 4.000 APD peralatan kesehatan tersebut di distribusikan dari Kementerian Kesehatan," kata Wardoyo, Sabtu (4/4/2020).

Alat kesehatan untuk rumah sakit khusus Covid-19 di pulau Galang kota Batam itu tiba di Bandara Udara Hang Nadim Batam sekitar pukul 10.43 WIB.

Setelah tiba, langsung dilakukan proses bongkar muat dan dibawa ke pulau Galang yang di bantu oleh anggota TNI AU bandara Udara Hang Nadim Batam dengan di pimpin oleh Kadisops lanud Hang Nadim Batam.

"Alat-alat kesehatan ini untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di pulau Galang," tegasnya.

Terpisah Komandan Lanud Hang Nadim Letkol Pnb Urip Widodo melalui telepon selulernya menyampaikan bahwa Lanud Hang Nadim selaku pelaksana unsur dukungan udara dan evakuasi medis udara, selalu siap mendukung pelaksanaan operasi percepatan penanggulangan Covid-19.

"Kami siap mendukung pemerintah untuk penanganan Covid-19," tegasnya.

Editor: Dardani