Antisipasi Covid-19, Rutan Batam Disemprot Disinfektan
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 20-03-2020 | 13:17 WIB
semprot-disinfektan-rutan-batam.JPG
Penyemprotan disinfektan di Rutan Batam. (Foto: Irwan HIrzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sub Detasemen Kimia, Biologi dan Radioaktif (Subden KBR) Satbrimob Polda Kepri melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Batam, Jumat (20/03/2020) pagi.

Sebanyak empat petugas melakukan penyemprotan di seluruh ruang Rutan Batam. Setelah narapidana dikumpulkan di lapangan rutan.

"Setelah dari Lapas, kami lakukan penyemprotarn di Rutan. Penyemprotan ini dalam upaya mencegah masuknya convid-19 ke dalam lingkungan Rutan," ujar Dansat Brimob, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu melalui Kasubden KBR, AKP Z.A.C Tamba.

Z.A.C Tamba menyebutkan, kegiatan ini sekaligus menyampaikan sosialisasi kepada tahanan agar selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan, sehingga terhindar dari bahaya virus korona.

"Kita ada di sini untuk membantu program pemerintah pusat dan daerah dalam mencegah penyebaran virus corona dan kegiatan ini kita lakukan atas permohonan dari Rutan," tegasnya.

Z.A.C Tamba menlanjutkan, permohonan penyemprotan disinfektan ini semakin hari semakin meningkat. Saat ini, ada 10 permohonan yang sedang antri.

"Semua instansi boleh memohon untuk dilakukan penyemprotan ini, tapi harus antri. Karena sudah beberapa intansi yang mengajukan,” tegansya.

Terakhirnya, Z.A.C menyampaikan, penyemprotan disinfektan ini akan lebih maksimal sekali seminggu. Untuk di gedung Rutan sendiri bisa di lakukan penyemprotan rutin, tapi harus mengajukan permohonan lagi.

"Iya, kalau efektifnya 1 kali seminggu. Disinfektan ini bukan hanya membunuh virus Corona, tapi semua virus," tutupnya.

Kepala Rutan, Yan Fatmos menyebut penyemprotan disinfektan di Rutan hanya bersifat pencegahan saja. Sementara kondisi warga binaan dan petugas Rutan di pastikan dalam keadaan sehat walafiat.

"Kita hanya mencegah, sebab virus Corona ini harus di waspadai semua elemen. Jangan sampai yang narapidana terkena wabah ini,” ucapnya.

Untuk mencegah penularan virus Corona, Rutan akan meningkatkan kebersihan lingkungan. Bahkan tahanan yang baru pulang sidang akan di kasih cairan anti septic, baik saat masuk Rutan maupun masuk kamar.

"Sementara untuk menambah daya tahan tubuhnya, warga binaan akan rutin di berikan minum vitamin C serta minum air mineral yang cukup," tutupnya.

Editor: Dardani