Pemprov Kepri Bentuk Satgas Anti Corona
Oleh : CR-3
Senin | 16-03-2020 | 13:28 WIB
satgas-anti-corona-kepri_jpg2.jpg
Plt Gubernur Kepri, Isdianto pimpin rapat koordinasi penanganan virus corona di Graha Kepri, Senin (16/3/2020). (Foto: Paschall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan virus corona atau COVID-19, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) membentuk satuan tugas atau satgas pencegahan penyebaran virus corona.

Pembentukaan Satgas ini disampaikan langsung oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh Bupati, Walikota, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di gedung Graha Kepri, Senin (16/3/2020).

Pembentukan satgas, kata Isdianto, merujuk pada Instruksi Presiden tentang Peningkatan Kemampuan dalam Mencegah, Mendeteksi, dan Merespons Wabah Penyakit serta Pandemi Global.

"Meski saat ini Provinsi Kepri masih tergolong aman dari virus corona, namun Saya minta seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota, rumah sakit pemerintah dan swasta, serta instansi terkait untuk berkomitmen dan serius menangani masalah virus corona COVID-19 yang telah masuk ke beberapa daerah di Indonesia," kata Isdianto.

Menurut Isdianto, dibentuknya tim satgas ini sebagai bentuk antisipasi pemerintah dalam upaya pencegahan covid-19. Dimana tugas dari tim ini salah satunya mengedukasi masyarakat, terkait cara penanggulangan covid-19 serta memantau dan mengawasi pintu masuk ke Kepri.

"Karena ini (corona, red) dampaknya sangat luas. Ini yang kita khawatirkan. Jangan sampai isu ini nanti membuat perekonomian kita menjadi buruk," tegasnya.

Masih kata Isdianto, Tugas dan fungsi satgas yaitu, menerapkan langkah strategis untuk peningkatan imunitas masyarakat sehat dan pengobatan pasien Covid-19.

"Mumpung ini belum terjadi, kita harus bertanggung jawab dengan satgas yang kita bentuk ini. Jangan pernah lihat apa jabatan kita tapi bekerjalah atas kepedulian sesama manusia," tuturnya.

Kendati begitu, Isdianto juga tak ingin karena antisipasi ini membuat masyarakat menjadi paranoid. Pencegahan ini merupakan tanggung jawab bersama sehingga harus melibatkan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Diketahui, sejak awal munculnya isu virus corona, Pemprov Kepri sudah melakukan bebagai upaya antisipasi, yakni memasang Thermal Scanner di bandara untuk mengecek penumpang yang datang, Dinkes juga memasang Termometer Infra Red di Pelabuhan.

Bahkan, Pemprov Kepri juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinkes kabupaten/kota se-Kepri, Rumah Sakit serta Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kepri dalam upaya memanilisir peyebaran Covid 19.

"Yang pasti sampai saat ini seluruh wilayah di Provinsi Kepri masih aman dari virus corona," pungkasnya.

Editor: Dardani