Ratusan Pengendara Terjaring Razia di Temenggung Abdul Jamal
Oleh : CR3
Kamis | 12-03-2020 | 10:41 WIB
razia11.jpg
Razia kendaraan bermotor di depan Stadion Temenggung Abdul Jamal. (Foto: Pacall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan pengendara sepeda motor terjaring razia di Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam, Kamis (12/3/2020) pagi.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, pengguna jalan yang melintas langsung dialihkan kedepan stadiun Tumenggung Abdul Jamal.

Satu persatu, pengendara langsung diperiksa oleh aparat Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Barelang untuk memeriksa kelengkapan kendaraan yang digunakan.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Barelang, Viktor Hutaean mengatakan, razia tersebut merupakan operasi cipta kondisi yang rutin dilakukan Satlantas Polresta Barelang.

"Kita melakukan razia cipta kondisi sejak pukul 9.00 Wib. Tujuannya untuk penertiban administrasi kendaraan, seperti SIM bagi para pengemudi, STNK dan kelengkapan kendaraan seperti kaca spion dan lainnya," kata Viktor.

Viktor menjelaskan, razia yang dilakukan kali ini, untuk mengajak masyarakat, pengguna jalan raya untuk sadar hukum dan tertib administrasi.

"Kita mengajak masyarakat agar sadar hukum dan tertib administrasi, dimulai dari SIM, STNK, serta kelengkapan kendaraan seperti knalpot standar, helm SNI, serta helm ganda untuk pengendara sepeda motor yang berboncengan," ujar Victor.

Dalam razia ini, kata Victor, apabila para penggendara yang kedapatan tidak memenuhi segala adminstrasi, baik surat kendaraan, SIM, serta kelengkapan kendaraan, akan diberikan surat tilang serta barang buktinya akan diamankan ke Polresta Barelang.

"Penindakan yang kita lakukan, hanya mengeluarkan surat tilang dan menyita barang bukti. Sementara sanksi denda akan ditentukan pada saat persidangan," pungkasnya.

Hingga berita ini dipublish, tampak puluhan kendaraan roda dua yang tidak memiliki surat-surat sedang dinaikan keatas truck, selanjutnya dibawa ke Polresta Barelang sebagai barang bukti.

"Sampai saat ini, Saya belum bisa memastikan berapa banyak kendaraan yang ditilang dan dibawa ke Polresta, pasalnya anggota masih melakukan pendataan," tutupnya.

Editor: Yudha