Sinergitas TNI-Polri Sehatkan Selamatkan Indonesia

Kapolri dan Panglima TNI Gelar Baksos Kesehatan di Pulau Galang
Oleh : Hadli
Minggu | 08-03-2020 | 18:04 WIB
kapolri_pangllima_tnI_baksos.jpg
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan baksos di Kecamatan Galang, Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta rombongan melakukan kegiatan bakti sosial (baksos) kesehatan di Pelabuhan Sijantung Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, Minggu (8/3/2020).

Tema dari kegiatan Baksos Kapolri dan Panglima TNI di Galang Kota Batam yakni 'Sinergitas TNI Polri Sehatkan Selamatkan Indonesia'. Bakti Sosial Kesehatan Kapolri dan Panglima TNI pertama kali di Galang ini meliputi lelayanan cek tensi, konsultasi dokter, obat dan vitamin, cek kolesterol, Cek gula darah, cek asam urat, KB dan penyerahan bingkisan.

Didalam pelaksanaan baksos tersebut, Kapolri dan Panglima TNI menghimbau kepada masyarakat setempat agar memperhatikan kesehatan, kebersihan dan memberikan gizi terhadap anak sehingga kekebalan tubuh terjaga.

Panglima TNI dan Kapolri menyampaiakan bahwa hampir keseluruhan masyarakat sekitar saat ini telah mendukung untuk pembangunan RS ini. "Harapan kita semoga rumah sakit ini dapat dibangun secepatnya," tutur Panglima.

Sebelum ke lokasi Bakti Sosial Kesehatan, Panglima TNI menjelaskan bahwa rencana pembangunan RS khusus ini memiliki 2 fasilitas yaitu fasilitas untuk observasi dan fasilitas isolasi.

"Yang mana telah mengajukan untuk RS ini agar dapat menyiapkan 1.000 tempat tidur dan ditambah 50 ruang isolasi dengan bertekanan negative dan dilengkapi oleh filter hepa dan termasuk didalamnya ada oksigen secara sinteralis yang dilengkapi kamar mandi," kata Hadi Tjahjanto.

Dari 50 kamar itu, yang didalamnya dilengkapi kamar mandi tersebut sebanyak 30 kamar akan digunakan untuk non ICU dan yang 20 kamarnya lagi untuk ICU.

RS Corona di Galang, Batam ini nantinya apabila menampung 1000 pasien, maka RS ini sudah memiliki fasilitas untuk memberikan pengobatan.

Turut hadir dalam rombongan yakni, Laksdya TNI Yudo Margono (Pangkogabwilhan I), Mayjen TNI Arios Tiopan Aritonang (Asops Panglima TNI), Marsda TNI Kukuh Sudipyanto (Aslog Panglima TNI), Mayjen TNI George Supit Sambangi (Aster Panglima TNI).

Kemudian Marsda TNI Abdul Wahab (Aslog Kasau), Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim Polri), Irjen Pol Ignatius Sigit (Kadiv Propam Polri), Brigjen Pol Argo Yuwono (Karopenmas Divhumas Polri), Brigjen Pol Agung Budijono (Dirtipdter Polri), Kepala BNPB Letjen Doni Monardo dan PJU Polda Kepri.

Editor: Surya