Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar Tak Ganggu Aktivitas Kapal Pelni
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 17-02-2020 | 10:04 WIB
mobil-pelabuhan-batuamar1.jpg
Kapal Pelni bersandar di Pelabuhan Batu Ampar. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam memastikan pengembangan Pelabuhan Batu Ampar oleh Pelindo II pada Maret 2020, dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Batam.

"Pengembangan pelabuhan Batu Ampar tidak akan mengganggu aktifitas Pelni. Karena pengembangan tahap awal berada di dermaga bagian Utara, sementara aktifitas Pelni berada di dermaga Selatan," ujar anggota Bidang Pengusahaan, Sjahril Japarin beberapa waktu lalu.

Japarin mengakui aktifitas bongkar muat barang dan penumpang Pelni dirasa kurang layak untuk mengangkut atau menurunkan penumpang. Untuk itu, BP Batam sampai saat ini masih dalam tahap perencanaan untuk memindahkan atau memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Pelni dan para penumpangnya.

"Kita juga menyadari kondisi saat ini yang ada di Batu Ampar kurang layak dijadikan Pelabuhan penumpang Pelni. Secepatnya akan kita pindakan," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengembangan Pelabuhan Batu Ampar akan mulai di kerjakan pada Maret 2020. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC akan memberi dukungan langsung bagi optimalisasi pengelolaan dan operasional Pelabuhan Batu Ampar, yang merupakan pelabuhan utama di Pulau Batam.

"Untuk tahap awal, pengembangan dilakukan dengan memperbaiki infrastruktur serta fasilitas kepelabuhanan, terutama disisi utara pelabuhan, yang akan dimulai pada bulan Maret 2020," kata Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya, dalam pemaparanya rencana pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, di kantor BP Batam, PulauBatam, Kepulauan Riau, Rabu (12/2/2020).

Editor: Yudha