125 Personel Sat Brimob Polda Kepri di BKO ke Natuna
Oleh : Putra
Minggu | 02-02-2020 | 08:04 WIB
bko_brimob_kepri.jpg
Polda Kepri berangkatkan 125 personel Brimob Polda Kepri ke Natuna (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan personel Sat Brimob Polda Kepri diberangkatkan untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) ke Natuna dalam rangka pengamanan evakuasi 245 WNI yang dijemput dari Wuhan, Hubei, China.

Nantinya, ratusan WNI yang berada di China ini akan dilakukan karantina selama 14 hari untuk memastikan negatif virus Corona.

Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu mengatakan, dalam BKO ke Natuna ini, pihaknya menurunkan sebanyak 125 personel.

Dalam operasi BKO ini, akan dipimpin langsung oleh Danden Gegana Polda Kepri, Kompol Faisal. Ratusan BKO ini tiba di gedung VIP Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Pukul 06.30 WIB.

"Sebanyak 125 personel Unit Kimia Radiologi dan Radioaktif (KBR) Gegana Sat Brimob Polda Kepri akan di BKO ke Natuna," kata Rendra, Minggu (2/2/2020).

Ia mengungkapkan, BKO ini dilakukan untuk terciptanya situasi aman dan kondusif saat proses Karantina yang akan dilakukan di wilayah Ranai, Natuna.

Sebelumnya, Satbrimob Polda Kepulauan Riau melaksanakan apel gelar peralatan dan perlengkapan Subden Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) Detasemen Gegana di Mako Detasemen Gegana, Sabtu (01/2/2020).

Apel gelar peralatan tersebut dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Kepulauan Riau, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu dan didampingi Kasubden KBR AKP ZAC Tamba.

Dalam apel gelar peralatan dan perlengkapan tersebut, Dansat Brimob melakukan Pengecekan peralatan yang dimiliki Subden KBR mulai dari pakaian Alat Proteksi Diri (APD) hingga peralatan eletronik yang dapat mendeteksi zat-zat berbahaya.

"Apel gelar peralatan dan perlengkapan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan personel maupun peralatan yang akan digunakan oleh Subden KBR Detasemen Gegana dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit Pneumonia dari n_CoV," ujarnya.

Ia mengatakan, peralatan yang digunakan Subden KBR Detasemen Gegana dapat dilaksanakan secara optimal hingga perbantuan evakuasi ataupun teknis yang diperlukan apabila didapati terjadi di wilayah hukum Polda Kepulauan Riau.

Editor: Surya