Rayakan Imlek, Kawasan Bisnis di Batam Sepi
Oleh : CR-3
Sabtu | 25-01-2020 | 15:04 WIB
windsor-imlek-sepi_jpg2.jpg
Tahun Baru Imlek, Pusat Niaga di kawasan Penuin, Nagoya, Tampak Sepi Pengunjung. Sabtu (25/1/2020). (Foto: Paschall Rh)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pusat perbelanjaan di kawasan Nagoya, Kota Batam terlihat sepi, karena sebagian pemilik toko yang mayoritas etnis Tionghoa sedang merayakan tahun baru Imlek 2571, Sabtu (25/1/2020).

Pantauan BATAMTODAY.COM, toko-toko di pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Nagoya, Penuin, Windsor tutup. Padahal, pusat bisnis di wilayah tersebut ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara.

Momen Imlek ini, menurut seorang juru parkir di kawasan Penuin, Nagoya, Ricko,
dijadikan para pemilik toko untuk libur dan berkumpul bersama keluarga. Malam sebelumnya, kawasan tersebut cukup ramai karena banyak wisatawan yang berbelanja di kawasan tersebut.

"Hari ini toko-toko di sini pada tutup. Para pemilik toko sedang merayakan imlek dan liburan bersama keluarga," kata Ricko menjawab BATAMTODAY.COM.

Sejak Sabtu (25/1/2020) pagi, lanjut Ricko, banyak toko-toko dan perkantoran kantor sudah tutup. Biasanya, baru buka empat hingga lima hari setelah hari raya.

"Hanya sebagian kecil toko saja yang buka. Itu pun toko-toko yang umumnya berjaringan nasional atau internasional," jelasnya.

Kondisi ini, lanjut Ricko, sudah biasa bagi masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Di mana masyarakat yang biasanya berbelanja di toko-toko milik warga etnis Tionghoa, harus bergeser dan mencari bahan yang diperlukan di tempat lain.

"Kalau Imlek begini, masyarakat agak susah mencari bahan kebutuhan. Soalnya warung dan pasar semua tutup," pungkas Ricko.

Editor: Dardani