Besok, Vihara Samudra Dharma Gelar Parade Barongsai untuk Merayakan Imlek 2020
Oleh : Hendra
Jum\'at | 24-01-2020 | 17:28 WIB
barongsai-sekupang.jpg
Vihara Samudra Dharma, Jalan Gajah Mada, Patam Lestari, Sekupang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Perayaan Imlek 2571 di tahun 2020 (tahun tikus logam) di kawasan Vihara Samudra Dharma, Jalan Gajah Mada, Patam Lestari, Sekupang akan mengadakan parade barongsai pada Sabtu (25/1/2020) nanti.

Ahua, pengelola Vihara Samudera Lestari mengatakan barongsai merupakan tarian kebudayaan asli China yang normal dipertunjukkan pada perayaan-perayaan hari besar, seperti tahun baru Imlek dan dipercaya membawa keberuntungan.

Tarian barongsai biasanya terdiri dari dua orang yang aktor yang berada di dalam kostum menyerupai singa, perihal singa ini disebutkan merupakan perlambangan kekuatan, kebijaksanaan dan keberuntungan.

"Dua orang itu yang depan akan menjadi bagian kepala singa dan belakangan adalah bagian tubuh belakangnya," ujarnya, Kamis (23/1/2020).

Ia melanjutkan, pada perayaan resmi nanti viharanya akan mengadakan parade barongsai dan juga prosesi pembagian angpao. Tak hanya itu, persiapan vihara juga telah dimatangkan jauh-jauh dari di mana beragam ornamen seperti puluhan lilin dan alat-alat kelengkapan sembahyang lainnya telah dipersiapkan.

"30 lebih lilin telah kita sediakan," terangnya.

Lanjutnya, perayaan di vihara yang akan genap berusia 30 tahun saat masuk Imlek 2571 Januari 2020 nanti, terkadang juga akan diikuti oleh wisman dari Singapura. "Biasanya pas hari pertama nanti akan ramai, ada yang dari Singapura juga atau warga sekitar karena kita akan ada pembagian angpao juga," tutupnya.

Editor: Gokli