Registrasi Ulang Selesai, Disperindag Batam Keluarkan 4.004 Fuel Card Baru
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 23-01-2020 | 18:16 WIB
kartu-sakti.jpg
Kadisperindag Batam, Gustian Riau. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, resmi mengeluarkan fuel card atau kartu kendali BBM terbaru, pasca registrasi ulang yang dimulai sejak 23 Desember 2019 lalu.

Kartu kendali BBM baru ini diclaim memiliki beragam kecanggihan, sehingga pihak PT Pertamina dapat melakukan pengontrolan terhadap pemilik.

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riua, menjelaskan, fuel card terbaru untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidsi jenis bio solar guna mengantisipasi dugaan kecurangan yang terjadi, pada saat pendistribusian bio solar yang pernah terjadi dahulu.

Selama proses registrasi, Gustian menambahkan, untuk satu fuel card terbaru hanya berlaku kepada satu unit kendaraan yang telah didaftarkan. Pada fuel card tersebut, Disprindag yang bekerjasama dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) mencetak kartu berserta nomor polisi kendaraan dan nama pemilik.

"Di kartu itu sudah tercetak nopolnya, jadi tidak bisa satu kartu digunakan untuk kendaraan lain lagi. Untuk registrasi ulang kemarin, kita minta semua data baik data diri pemilik hingga data dan dokumen kendaraan kita periksa," ungkapnya, Kamis (23/01/2020).

Ditutup sejak Rabu (22/01/2020), Gustian menambahkan, total kartu yang disediakan sebanyak 15.600, namun hanya 4.004 kartu yang dikeluarkan.

Gustian juga menegaskan, kartu fuel card terdahulu saat ini tidak bisa digunakan lagi. Untuk fuel card yang baru ini, Gustian mengungkapkan, diwajibkan untuk melakukan perpanjangan setiap tahunnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menlakukan pengendalian dengan melakukan pengecekan ke setiap SPBU yang ada di Batam.

"Selain melakukan pengendalian kartu, kami juga melakukan pengecekan untuk kuota BBM. Yang dapat saya beritahu kepada masyarakat adalah untuk 2020 ini, kuota solar untuk Batam aman," paparnya.

Editor: Gokli